Berlangganan

Resep Bolu Gulung Ekonomis



Bolu atau cake sekarang ini ada banyak sekali variannya dengan berbagai bentuk dan rasa. Salah satu dari banyaknya jenis bolu tersebut adalah bolu gulung. Sama seperti namanya, kue satu ini bisa dibuat dengan mengkukus adonan bolu dalam sebuah cetakan dan kemudian di berikan filling selai sesuai rasa, terus di gulung. Makanya namanya bolu gulung.

Bolu gulung sangat terkenal sebagai kue atau cake yang memiliki rasa lembut dan empuk. Untuk membuat bolu gulung dengan tekstur lembut dan empuk, bunda haruslah selalu memperhatikan adonan yang digunakan. Waktu mencampur adonan dan ketepatan saat mengukus atau mengatur waktu dalam ovennya. Karena dari adonan inilah yang nantinya bolu gulung tersebut akan menjadi empuk dan lembut.

Nah bagi bunda yang tertarik untuk membuat bolu gulung ekonomis lembut dan empuk, pada kesempatan kali ini ada resep bolu gulung dari bunda etty yuni. Langsung saja yuk lihat dan simak resep bolu gulung kukus lembut dan empuk berikut ini. Pastikan bahan bahan nya lengkap ya.

Bahan – bahan :

  • 6 butir telur
  • 90 gr gula pasir halus
  • 1 sdm emulsifier
  • 70 gr tepung terigu protein sedang
  • 10 gr maizena
  • 10 gr susu bubuk
  • 1 sdt vanilla essence ( vanilla susu L'Arome )
  • 125 gr mentega, lelehkan Dan dinginkan

Loyang :

  • 1 buah 30x30x4 cm atau
  • 2 buah 22x22x4

Cara buat :

  1. Siapkan loyang, olesi dasarnya dengan margarin/ minyak loyang, alasi dengan kertas roti/ baking paper,oles lagi dengan margarine/ minyak loyang, sisihkan
  2. Ayak terigu, maizena Dan susu bubuk . Campur semua bahan menjadi satu kecuali mentega cair, kocok dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang, kental Dan putih (cek kekentalan dengan mengangkat mixer, adonan akan jatoh perlahan, tidak encer)
  3. Masukan mentega cair, aduk balik dengan spatula, hingga merata Dan homogen (menjadi satu)
  4. Tuang kedalam loyang, Catalan permukannya, panggang dalam oven yang sudah didipanaskan 200° oven (15 menit) sampai matang Dan permukaan berkulit kecoklatan Dan cukup kering bila disentuh
  5. Keluarkan dari loyang Dan dinginkan, beri filling sesuai selera Dan gulung sambil dipadatkan
  6. Untuk cara membuat motif sedikit adonan, adonan kasih pasta coklat lalu masukan kedalam piping bag, mulai gambar garis lurus, setelah tarik gambar menggunakan sumpit dari atas sampai bawah hingga berbentuk corak zig zag.

Bagaimana hasilnya bunda, menarik kan? Bolu gulungya siap disajikan bersama secangkir teh menemani sore hari yang indah. jangan lupa share resep nya ya bunda, bagikan ke saudara tetangga dan teman - teman, semoga bermanfaat. Happy cooking.

Sumber