Berlangganan

Resep Ayam Teriyaki Ala bunda Anita. Gak Kalah Sama Menu Resto!



Lagi mager banget mau ke pasar, masih pagi tapi udah mendung aja hari ini. Jadi lihat ke dalam kulkas terus masak bahan seadanya aja. Yang mudah, simple dan cepat. Ala restoran cepat saji itu lah yaa. Oh ya...kalo ada jeruk lemon pake jeruk lemon ya untuk menjadikan rasa segarnya, berhubung saya nggak ada jadi saya ganti pakai air cuka. Terus saya lebih suka pakai daging yang berlemak, saya pakai daging paha, sebenarnya sih karena di dalem kulkas stok yang tersisa hanya paha ayam. Tetapi bunda bebas aja mau pakai daging ayam bagian manapun karena hasilnya tetep enak.

Oh iya bunda kalau saya untuk penyimpanan Ayam di kulkas/ freezer maksimum sih buat stok 4 harian. Sebelum di masukkan kulkas jangan lupa bersihkan terlebih dahulu daging ayam kemudian saran saya sih bagi ke dalam plastik kecil – kecil untuk siap di ambil beberapa porsi, sesuai dengan porsi masaknya. Jadi pas mau di pakai ayam nya, gak bingung mencairkannya karena ayam yang habis di cairkan kemudian di bekukan lagi kurang bagus nanti kualitasnya dan lagi agar ayam tetap higienis ya.

Nah resep ayam teriyaki ala bunda Kadek Anita ini cocok banget untuk dijadikan menu makan siang ataupun malam hari, yuk siapkan bahan - bahannya dan bumbunya.

Bahan bahan :

  • 1 paha ayam utuh (2 juga boleh)
  • 1/2 bh bawang bombay
  • 1 sdm cuka
  • 3 sdm saus teriyaki
  • 2 sdm kecap manis
  • 1/2 sdt garam, merica bubuk
  • Air secukupnya
Langkah – langkah :

1. Iris tipis tipis bawang bombay. Potong bentuk dadu daging ayam.



2. Kucuri daging ayam dengan cuka atau air lemon diamkan 3 menit. Kemudian cuci sampai bersih, sisihkan.



3. Panaskan minyak goreng lalu tumis bawang bombay sampai harum dan layu.



4. Masukkan potongan daging ayam, aduk rata.



5. Lalu tambahkan saus teriyaki, kecap manis, garam dan merica bubuk, aduk kembali sampai merata.



6. Tambahkan sedikit air atau sesuai selera ingin berkuah atau tidak. Aduk sampai rata, diamkan sampi bumbu meresap sempurna.



7. Jika sudah matang, koreksi rasa. Ayam teriyaki siap dihidangkan dengan nasi putih hangat.




Nah menu ini cukup menarik bukan gak perlu waktu lama kalau disiapkan untuk sarapan pagi, sampai suami minta di buatkan masakan ayam teriyaki ini lagi buat sore hari nanti. Sampai terlupa, untuk lebih menarik bunda bisa ditambahkan taburan wijen saat penyajiannya. Kalau sudah mencoba hasil lezat nya ayam teriyaki bunda Kadek Anita bisa di share resepnya ya ke kerabat ataupun ke saudara bunda sekalian. Selamat berkreasi, semoga berhasil.

Sumber