Berlangganan

Lumpia Rebung Crispy. Lengkap Dengan Saus Kentalnya



Begitu dengar kata Lumpia, langsung inget deh sama kota Semarang. Oleh-oleh yang tidak boleh dilupakan saat pergi ke Semarang salah satunya memang lumpia rebung. Meski sedikit berminyak, lumpia rebung emang enak sih bun, apalagi makannya ditemani saus kental yang khas dengan aroma bawang putih. Dicocol, terus digigit bersama cabe rawit. Uugh enaknyaaa!

Lumpia emang cemilan yang ngga kalah nikmatnya seperti halnya risoles. Tapi bagian isinya tentu berbeda. Lumpia biasanya memiliki potongan sayur berbentuk panjang seperti irisan batang korek api. Sayuran yang biasanya digunakan untuk Lumpia adalah rebung, tauge, kol, irisan daun bawang dan wortel. Sedangkan risoles memiliki potongan sayur kotak-kotak kecil, dengan sayuran berupa kentang dan wortel. Lumpia mempunyai rasa yang gurih dan mudah diterima siapa aja sehingga bisa menjadi salah satu alternatif makanan ringan ketika harus menyelenggarakan acara di rumah.

Yuk tengok resep dan cara membuat membuat lumpia sayur ala bunda Fitri Sasmaya berikut ini:

Bahan-bahan :

  • 20 buah kulit lumpia
  • 450 gram rebung, (saya pakai rebung kaleng) potong - potong rebus)
  • 50 gram tauge
  • 150 gram udang, cincang halus
  • 200 gram ayam ( berat setelah di rebus ), cincang halus
  • 2 batang daun bawang, potong - potong kecil
  • secukupnya gula
  • secukupnya garam
  • 1 sdt merica

Bumbu cincang :

  • 7 buah bawang merah
  • 4 buah bawang putih
  • Bahan perekat :
  • 1 buah putih telur, kocok lepas

Bahan soas :

  • 300 ml air
  • 50 gram gula palm ( bisa pakai gula jawa ) pakai yang cokelat ya
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/2-1 sdm tepung maizena ( kekentalan sesuaikan selera )
  • 1 sdm cuka ( bisa diganti asam jawa )
  • secukupnya garam

Langkah – langkah :

1. Buat bahan isian, tumis bumbu sampai harum, tambahkan udang cincang masak sampai berubah warna, tambahkan ayam dan rebung, taoge juga daun bawang. Tambahkan gula, merica dan garam. Masak sampai air asat/kering ya. Cicipi rasa. Angkat. Biarkan agak dingin.



2. Ambil satu lembar kulit lumpia, beri 1 sdm penuh bahan isian.



3. Lipat seperti amplop.



4. Rekatkan bagian ujung dengan putih telur.



5. Goreng di minyak panas api sedang, sampai matang.



6. Buat soasnya, siapkan wajan beri air dan gula lalu masukkan bawang putih juga garam, masak sampai gula larut. Lalu tambahkan 1/2 -1 sdm tepung maizena yang telah dicairkan dengan air (kekentalan saos sesuai selera ya). Angkat. Dan siap disajikan.



7. Sajikan lumpia dengan pelengkapnya, acar timun, cabe rawit dan cocol soas nya. Yummy.



Nikmat disantap selagi hangat. Sedap!

Note: jika bikin banyak bisa di frozen juga loh, dengan catatan isinya bener - bener kering, jadi tidak membuat kulit lumpia jadi basah. Saya bikin 20 biji ini, yang 10 saya simpan beberapa hari kemudian baru saya goreng lagi.

Tips mengolah rebung agar tidak pahit: Bersihkan rebung, iris - iris lalu rendam selama sehari semalam, ganti airnya ya agar tidak bau. Bisa diganti 2 ato 3x. Setelah itu baru bisa diolah

Sumber