Berlangganan

Tips Membuat Roti Burger Yang Empuk dan Lembut



Mendapat hasil roti yang lembut, empuk dan ringan dengan mudah, pasti dambaan setiap kali membuat roti burger ya moms. Kalau pantang menyerah untuk mencoba pasti akan menuai hasil yang memuaskan kok. Resep dari moms Evi Wijayanti ini contohnya.

Resep ini patut untuk dicoba karena sudah banyak bunda yang mencoba dan mendapat hasil yang memuaskan. Kali ini moms cantik dirumah, juga bisa membuatnya dengan sangat sukses yang penting ikuti aja step - stepnya. Daripada beli lebih baik coba bikin sendiri dirumah, karena hasilnya akan Benar-benar fresh from the oven, sehingga cita rasanya lebih lezat.

Oh ya...untuk mendapat kulit roti dengan warna keemasan yang lembut maka oleskan mentega menggunakan kuas pada permukaannya. Kalo pengen menaburkan wijen seperti roti burger kebanyakan, maka oleskan putih telur baru taburkan wijen dan akan menghasilkan kulit roti yang mengkilat. Selamat mencoba ya...

Bahan – bahan :

  • 260 gram terigu cakra
  • 2 sdm gula pasir (30gram)
  • 1 sdt ragi instant
  • 1/4 sdt bread improver (bisa skip)
  • 180 ml cairan (1 butir telur + susu cair)
  • 30 gram margarine
  • secukupnya wijen untuk taburan

Langkah – langkah :

  1. Masukkan dalam baskom terigu + gula + ragi + bread improver aduk rata pakai sendok, tuang cairan (jangan semua 160-170ml saja sisanya untuk olesan) mixer spiral dengan kecepatan rendah sampai setengah kalis (jika manual tuang cairan sedikit - sedikit saja sambil diulen) setelah setengah kalis masukkan margarine mixer/ulen lagi sampai kalis elastis. Kuncinya disina ya mom, kalau adonan tidak kalis maka hasilnya tidak lembut, tanda kalis adalah permukaan mulus dan adonan mulur tidak gampang patah.
  2. Lalu bagi menjadi beberapa bagian (saya ditimbang @35gram karena buat burger mini) bentuk bulat lalu letakkan diatas cup kertas / loyang yang sudah di oles margarine, diamkan ±50menit dengan ditutup plastik.
  3. Oles permukaan dengan sisa cairan tadi dan tabur wijen, oven dengan api sedang ±20menit sampai matang (sebelumnya oven harus sudah dipanaskan).
  4. Warna nya gak rata karna pakai otang
  5. Ini burgernya pakai isian seadanya, hanya kornet, timun, tomat, selada, saus sambal dan mayonaise, jadinya tinggi banget. wkwkk. Bener - bener empuk rotinya bundsay, sehat juga dan hemat tentunya 
  6. Bisa juga di isi buttercream + meses, motong rotinya gak perlu sampai patah kalau di isi meses.

Jangan lupa share ke saudara dan kerabat yang lain ya moms. Semoga resep ini bermanfaat bagi sesama.

Sumber