Berlangganan

Sop Iga Sapi Enaaak Bangeet 👍👍



Menu makanan sop emang lebih pas kalo dihidangkan selagi hangat ya, membuat tubuh jadi hangat dan berkeringat dikala menyantapnya. Duhhh... udah bikin ngiler aja nih. Emang ada tantangan tersendiri untuk membuat sop iga ya, terkadang ada kekwatiran takut kalo daging iga masih alot kala di makan.

Nah ... ada tips agar iga matang lebih cepat dan empuk secara maksimal, menggunakan panci presto adalah pilihan terbaik. Ato bisa kok mengungkep iga bersama bumbu dengan menggunakan panci biasa. Rebus daging iga dalam api kecil selama beberapa jam bersama dengan aneka bumbu dan rempah hingga empuk.Hindari memasak iga dengan api besar karena hanya akan membuat daging iga alot.

Resep moms Indry Hapsari ini endeus banget, menyesal dech kalo ngga mencobanya. Cobain yuk moms...

Bahan – bahan :

  • 1 kg iga sapi, cuci bersih, tiriskan
  • Secukupnya air didihkan untuk rebusan awal
  • 2 liter air
  • 2 batang wortel, potong sesuai selera
  • 2 buah kentang, potong sesuai selera
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong kotak besar
  • 1 batang kayumanis kurleb 3 cm
  • 4 butir cengkeh
  • 3 butir kapulaga jawa, ambil isinya
  • 2 batang bagian putihnya daun bawang, potong-potong
  • Secukupnya garam, gula dan kaldu bubuk (saya pakai yang non msg)
  • Secukupnya margarine untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :

  • 7 siung bawang putih
  • 1 sdt merica butir
  • 1/2 bagian biji pala uk. kecil

Pelengkap :

  • Emping melinjo
  • Seledri
  • Bawang goreng
  • Jeruk limau
  • Sambal rawit

Langkah – langkah :

  1. Didihkan secukupnya air, lalu masukan potongan iga sapi, rebus kurleb 5 menit, angkat, tiriskan, buang airnya ya karena perebusan pertama ini untuk menghilangkan darah dan sebagian lemak supaya airnya nanti tidak terlalu berlemak. Lalu rebus kembali daging iga dan 2 liter air sampai lunak. (Saya pakai pressure cooker 35 menit). Sisihkan.
  2. Tumis potongan bawang bombay menggunakan margarine sampai harum dan sisinya berkaramel. Masukan bumbu halus, tumis lagi beberapa saat, kemudian masukan kayu manis, cengkeh dan kapulaga, tumis sampai matang.
  3. Masukan tumisan bumbu yang sudah matang kedalam rebusan iga sapi, aduk rata. Nyalakan kompor. (Boleh ditambahkan air jika air menyusut banyak saat proses perebusan). Lalu masukan kentang dan wortel, beri garam, gula dan kaldu bubuk, masak sampai wortel dan kentang matang. Tes rasa. Matikan kompor. Terakhir masukan potongan batang daun bawang, aduk rata kembali. Angkat.
  4. Sajikan hangat bersama nasi dan pelengkapnya.

Selamat menikmati Sop Iga Sapi Enaaak bangeet!
Jangan lupa share ke saudara dan kerabat yang lain ya moms. Semoga resep ini bermanfaat bagi sesama dan selamat mencoba :)

Sumber