Berlangganan

Sambel Terasi ala 'Warung Lalapan'. Aduhai nikmatnya hehe..



Siapa sih yang ngga suka makan pedas, kayaknya hampir semua orang Indonesia suka pedas, dan kebanyakan orang suka pedas yang berasal dari cabe rawit yang di olah jadi sambel, seperti contohnya sambel terasi, emang sambel itu membuat makanan apapun jadi makin terasa istimewa ya moms. Walo olahan sambel terasi ini adalah masakan yang paling simpel dibuat, tapi rasa sambel terasi sering banget bikin hidangan semakin mantap dan makyus.

Sambel terasi emang paling mantap kalo disantap sama tempe goreng, ayam goreng, ikan, bandeng ditemani nasi putih yang hangat dengan ditambahi lalapan kayak kol, daun selada, petai, jengkol, daun kemangi, mentimun ato leunca. Owhhh sedappnyaaa... hmmm.. perlu di ingat ya Membuat sambal terasi yang enak membutuhkan keseimbangan antar bumbu-bumbunya, keseimbangan antara pedas, manis, dan asin.

Oh iya, untuk sambel khas Indonesia tentu aja banyak macam dan aneka kreasi rasanya ya, dari sambel mentah yaitu sambel yang dibuat dengan bahan-bahan mentah lalu dihaluskan. Lalu sambel goreng, yaitu sambel yang dibuat dari cabe dan aneka bahan lainnya kayak bawang merah dan putih lalu di tumis sampe matang. Lalu ada lagi sambel yang dibuat dari cabe mentah lalu matang karena di siram dengan minyak goreng panas. Semua membuat lidah bergoyang saat menikmatinya. Tingkat kepedasan sesuai selera ya moms, ada orang yang doyan banget sama pedas jadi kalo bikin sambel gak pedas makanan berasa ngga enak katanya. Dan kurang nggigit!!

Kali ini moms diana az akan ngasih rahasia bikin Sambal Terasi yang super makyus nih, jadi ngga usah ragu lagi untuk mencobanya. Pasti hasilnya recomended banget, dijamin nampol dan ketagihan.

Bahan – bahan :

  • 4 butir Bawang Merah
  • 1 buah Cabe Merah
  • 1 buah Tomat
  • 1/2 bungkus Terasi ABC
  • secukupnya/ 8 biji Cabe Rawit
  • 5 sdm Minyak untuk menggoreng
  • secukupnya Gula Pasir dan Garam
Langkah – langkah :

  1. Siapkan bahan tuk sambel.
  2. Goreng semua dalam minyak panas hingga kecoklatan. Tuang sekaligus bersama minyaknya ke dalam cobek.
  3. Beri garam dan gula pasir. Ulek halus.

Sambel Terasi ala 'warung lalapan' sudah jadi, siap untuk disajikan!

Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Jangan lupa like dan share resep ini ke teman, kerabat, dan keluarga yang lainnya ya bunda. Semoga resep ini bermanfaat bagi sesama.

Sumber