Berlangganan

Resep Roti Sisir Jadul. Enaknya Bikin Kangen..



Siapa yang kangen sama roti sisir ini? Roti manis lembut ini sederhana dan praktis yang sering banget jadi bekal atau sekedar pengganjal perut sewaktu jaman waktu kecil dulu ya. Roti sisir ini sekarang udah tergeser keberadaannya dengan roti – roti yang lebih modern, padahal roti ini enak banget, empuk dan lembut.

Hmmm... kalo mau buat sendiri pasti bisa kok dan pastinya akan lebih sehat dan bersih plus hemat pula. Moms Evi Wijayanti akan memberikan cara membuat roti sisir jadul yang enak dan lezat ini, yuk simak langsung aja..

Bahan Roti :

  • 260 gram terigu cakra
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt ragi instant
  • 180 ml cairan (1 butir telur + susu cair)
  • 30 gram margarin

Bahan Olesan :

  • 30 gram mentega / margarine
  • 20 gram gula halus
  • 1 sdt susu bubuk

Langkah – langkah :

  1. Campur semua bahan olesan aduk sampai tercampur rata, sisihkan.
  2. Masukkan semua bahan roti kedalam baskom (kecuali margarine). Note : untuk cairan jangan dituang semua, cukup 160 ml sisanya untuk olesan atas roti sebelum di oven.
  3. Mixer / ulen sampai setengah kalis, lalu masukkan margarine mixer / ulen lagi sampai kalis elastis. (Kalau manual dibanting - banting aja biar cepet)
  4. Bagi menjadi beberapa bagian tata di loyang, untuk setiap satu bagian yang masuk ke loyang olesi bagian samping dengan bahan olesan, begitu seterusnya sampai adonan habis. Note : sisakan bahan olesan untuk di oles setelah matang
  5. Diamkan 50 menit (sampai mengembang 2x lipat) dengan ditutup plastik
  6. Panaskan oven terlebih dahulu ±10-15menit, olesi bagian atas adonan dengan sisa cairan, lalu oven ±20-25 menit dengan api sedang cenderung besar dikit sampai kuning kecoklatan. Note : roti kalau dipanggang terlalu lama (dengan api kecil) nanti hasilnya keras kalau dipanggang terlalu cepat (dengan api besar) nanti roti gosyong tapi dalamnya belum mateng, jadi yang pas api sedang cenderung besar dikit.
  7. Setelah keluar oven langsung keluarkan roti dari dalam loyang, sisir tiap lapisan dan oles dengan bahan olesan termasuk bagian atas roti juga.
  8. Ini tadi yang saya bilang lembut dan empuk banget, seratnya kecee. haha. itu waktu nyobek baru keluar oven tangan saya panas banget, huha, panas panass...
  9. Siap santap. jangan lupa simpan didalam toples kedap udara ya biar ke empukan dan kelembutannya terjaga.

Selamat menikmati dan selamat mencoba Roti Sisir Jadul yang sederhana dan super lembut ini!
Jangan lupa share ke saudara dan kerabat yang lain ya moms. Semoga resep ini bermanfaat bagi sesama.

Sumber