Berlangganan

Resep Pukis Pandan Menul. Bikin Sendiri Lebih Mantaps!



Kue pukis adalah salah satu kue basah panganan tradisional yang ngga kalah enaknya dengan martabak manis dan. masih ngeksis banget dari jaman baheula sampe jaman kekinian. Kue yang empuk dan manis ini biasanya disajikan dengan berbagai pilihan aneka topping  mulai dari topping cokelat, keju, kismis, meses warna warni, sampe pandan.

Kue empuk ini walo terbilang kue murah meriah tapi penggemarnya masih banyak banget sampe sekarang. Kue yang super lezat ini gampang sekali ditemui di pinggiran jalan, biasanya dijajakan masih dalam keadaaan masih hangat gitu karena di bikin juga disitu langsung. Ato bisa juga dengan mudah ditemui di pasar – pasar tradisional, banyak pedagang yang menjual kue pukis ini.

Kue murah meriah ini sangat mengenyangkan, hanya makan beberapa potong aja pasti udah bikin kenyang. Tepung terigu serta ditambah dengan telur dan lainnya maka bisa bikin kenyang, cocok banget kalo dinikmati disaat pagi hari untuk teman minum secangkir teh ato kopi, agar aktivitas jadi lebih bersemangat.

Walaupun memerlukan cetakan kue khusus, tapi bikin kue pukis ini terbilang mudah dan cepat dalam pengolahannya. Bahan utama yang perlu disiapkan cukup tepung terigu, gula, telur, dan pengembang. Semua itu bisa dengan mudah didapat di supermarket ato toko – toko bahan kue.

Yang ingin bikin sendiri dirumah, ada resep moms Reny Fitriasari yang recomended banget untuk dicoba loh, langsung simak aja ya

Bahan – bahan :

  • 500 grm tepung terigu
  • 250 grm gula
  • 1 sdm fermipan
  • 3 gelas air santan(gelas belimbing)
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt vanili
  • 3 butir telur
  • 4 sdm full mentega(cairkan)
  • Pasta pandan

Langkah – langkah :

  1. Siapkan bahan. Campur fermipan dengan 1 sdm gula dan 4 sdm air aduk rata diamkan selama 5-10 menit. Kalau keluar busa bertanda ragi aktif. Kalau tidak keluar busa ragi tidak aktif dan jangan digunakan nanti tidak bisa ngembang adonannya
  2. Mixser/kocok telur dengan gula sampai gula larut.
  3. Masukkan tepung terigu,vanili,baking powder mixser rata.
  4. Tuang santan sedikit sedikit sambil diaduk rata. Masukkan fermipan aduk rata. Terakhir masukkan mentega cair aduk rata.
  5. Diamkan adonan selama 1-2 jam.
  6. Panaskan cetakan. Oles cetakan dengan minyak, tuang adonan panggang hingga agak coklat kekuningan

Pukis pandan menul sudah jadi, siap untuk disajikan!
Selamat mencoba dan berkreasi. Jangan lupa like dan share ke saudara dan kerabat yang lain ya moms. Semoga resep ini bermanfaat bagi sesama.

Sumber