Berlangganan

Resep Pastel Isi Sayuran (Pastel Basah). Camilan Tradisional Favorit!



Pastel sayuran, salah satu camilan favorit saya pas masih anak-anak bun. Tiap ada acara di kampung, pasti ini yang saya incar, hehe..

Kalau Bunda sudah pernah bikin pastel belum? Kalo belum pernah, cobain bikin sendiri dirumah yuk. Kalo mau bikin pastel tuch bahannya gampang di dapat, cara bikinnya juga sebenarnya gampang hanya saja emang agak ribet buat milin kulitnya ya, tapi jangan putus asa moms karena sebenarnya kalo banyak latihan lama - lama nanti juga gampang kok...

Terus saat menggoreng ngga perlu sering membolak balik pastel, cukup disiram-siram aja dengan minyak goreng dan pastikan minyak udah dalam keadaan yang benar – benar panas  ya saat pastel dimasukkan.  Resep Kheyla's Kitchen ini akan jadi pemandu yang recomended banget dalam membuat pastel yang enak dan lezat. Monggo simak langsung aja ya..

Bahan Kulit :

  • 250 gr terigu
  • 30 ml minyak goreng
  • 50 gr margarin cairkan
  • 80 ml air
  • 1/2 sdt gula
  • 1/2 sdt garam

Bahan Isian :

  • 2 buah wortel
  • 1 buah ketang
  • 1 batang daun prey
  • 1 buah jagung kecil (bolah gak pakai)
  • Secukupnya daging ayam / sapi (boleh gak pkai)
  • 1-2 butir telur rebus.. Kupas potong - potong

Bumbu Halus :

  • 3 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih (kalo besar pke 4)
  • 1 1/2 butir kemiri
  • Secukupnya lada + pala + gula + garam + boleh tambah penyedap

Langkah – langkah :

  1. Cuci sayuran lalu potong - potong seperti di gambar
  2. Haluskan bumbu.. Tumis dengan sedikit minyak hingga wangi.. Masukan daging sapi (kalo pake daging ayam rebus dulu tiriskan suwir - suwir) tumis daging sebentar masukan wortel.. Tumis hingga layu.. Masukan jagung + kentang + daun bawang.. Beri bumbu - bumbu.. Masak hingga matang meresap test rasa
  3. Campur terigu + gula + garam... panaskan minyak + margarin.. Panas – panas tuang ke tepung.. Sambil tuangi air sedikit - sedikit uleni hingga kalis... Diamkan 15 menit
  4. Bagi menjadi beberapa bagian.. Ambil 1 potongan gilass membulat.. Beri isian + potongan telur rebus... Tutup rapikan pinggirnya.. Lalu pilin.. Lakukan hingga habis.. Siap goreng (minyaknya yang banyak biar kece.. Ini saya pkae minyak dikit banget... makanya ada bagian yang gosong itu nempel wajan.

Selesaai..! Mudah dan praktis kan? Selamat mencoba ya bun. Jangan lupa share ke saudara dan kerabat yang lain ya bunda. Semoga resep ini bermanfaat bagi sesama :)

Sumber