Berlangganan

Resep Mango Sticky Rice. Camilan Lezat Yang Lagi Ngehit!



Pengen nyobain makanan yang lagi hits banget, mango sticky rice ternyata gampang banget kalo mo bikin sendiri. Ikuti resep ala mom Mika Septiana ini, dijamin anti gagal.
Lets cook!

Bahan – bahan :

  • 2 gelas beras ketan,cuci bersih dan rendam min.2 jam(aku semalaman)
  • 3 lembar daun pandan
  • 200-250 ml santan dari 1/2 btr kelapa(sesuaikan selera)
  • 3 buah mangga (aku pake harum manis)
  • 1/2 sdt garam
  • Bahan utk saus :
  • 2 bks santan instan (aku pake kara yang kecil)
  • 500 ml air/santan encer
  • 1,5 sdm tepung maizena,dicairkan dengan 5 sdm air/santan encer tadi
  • 2 lembar daun pandan, robek dan simpulkan
  • 1 sdt garam (boleh ditambah gula pasir kalo suka manis)
  • Pelengkap : wijen putih yang di sangrai

Langkah – langkah :

  1. Pertama, siapkan kukusan, biarkan air mendidih, kemudian kukus beras ketan dan daun pandan selama 15-20 menit
  2. Sembari menunggu ketan yang sedang dikukus, siapkan wadah untuk merebus santan,daun pandan dan garam hingga mendidih
  3. Setelah ketan hampir matang, angkat,pindahkan ke wadah lain,siram dengan santan yang sudah dimasak tadi,aduk rata, biarkan sampai air santan meresap kedalam ketan(kalau bisa wadah ditutup)
  4. Selanjutnya, siapkan kukusan,biarkan hingga air mendidih, kemudian kukus ketan yang sudah didiamkan tadi selama 30 menit atau sampai benar-benar matang, setelah matang angkat dan dinginkan dalam suhu ruang saja
  5. Membuat saus/vla : campur semua bahan saus terkecuali tepung maizena, kemudian masak dengan api sedang hingga mendidih, harus diaduk yah supaya santan tidak pecah, kemudian setelah mendidih masukkan larutan maizena, masak hingga meletup-letup dan matang, angkat, dinginkan
  6. Siapkan juga wijen yang disangrai yah, biar makin unch unch.
  7. Tahap terakhir adalah plating, dimana nasi dicetak sesuai selera, kemudian siram dengan saus/vla, tabur dengan wijen sangrai, dan sajikan bersama dengan mangga yang sudah dikupas dan dipotong sesuai selera, dan taraaaaa.... Mango sticky rice siap disajikan


Note : cara buatnya mudah bukan??? Oh iya untuk jumlah santan yang digunakan untuk membuat ketan sangat berpengaruh terhadap hasil akhir ketan yah, kalo terlalu sedikit nanti keras, kalo terlalu banyak nanti terlalu pulen dan malah ancur, so bisa gunakan feeling juga yah. hehehe, untuk mangga bebas mangga apa aja yah, yang penting matang dan manis, tadi aku gak pake gula lagi karena mangganya udah manis banget, untuk penyajian aku lebih suka kalo mangga sama vla nya itu dingin, jadi lebih greget makannya

Oh iya, kalo buat anak-ank kostan yang gak mau ribet-ribet buat ngukus, bisa aja masak ketannya di rice cooker aja, jadi seperti masak nasi biasa, cuma airnya diganti air santan, ditambah daun pandan dan sedikit garam, simpel banget kan, daripada kita antri buat beli ginian doang yang ternyata bisa kita buat sendiri di rumah, lebih murah dan pastinya sesuai selera yah. hahaha, apaan coba ini, sekalian curhat karena udah tanggal segini, intinya mau enak tapi irit

Tapi dijamin ini uenak,asin,gurih,legiiit dan manis, sekian yah dari aku, Selamat mencoba

Jangan lupa like dan share resep ini ke teman, kerabat, dan keluarga yang lainnya ya bunda. Semoga resep ini bermanfaat bagi sesama.

Sumber