Berlangganan

Resep Ayam Serundeng Kelapa. Lezat Maksimal Ditemani Sambel dan Lalapan



Daging ayam emang selalu punya cerita yang ngga ada habisnya. Punya harga yang super ekonomis dibanding daging sapi dan daging kambing, bikin daging ayam selalu jadi favorit diberbagai kalangan masyarakat dan suasana. Ayam emang bahan yang paling gampang untuk diolah jadi masakan lezat.

Oh ya pernah coba buat ayam goreng dengan taburan serundeng? jika ayam dibumbu kuning dan ungkep mungkin udah biasa ya, kini coba bumbu lain yang tak kalah gurih dari ayam goreng biasa, yaitu ayam serundeng kelapa. Ayam serundeng kelapa ini rasanya gurih banget dan pas disantap dengan sambal lalapan dan nasi putih hangat.

Coba bikin sendiri ayam serundeng kelapa ala moms Dina ini dech. Hmmm.. rasanya yang enak ini bakal memanjakan lidah, menggugah selera dan bikin nagih. Cara bikinnya cukup mudah, bahan – bahan yang digunakan cukup mudah juga untuk di dapatkan, harganya masih terjangkau.

Udah banyak bunda – bunda yang lain mencoba resep ini dan semua mengaku puas, sekarang saatnya bunda harus coba juga ya. Simak langsung aja cara nya berikut

Bahan – bahan :

  • 1/2 kg ayam
  • 1 butir kelapa (diparut)
  • 3 lbr daun salam
  • 3 ruas lengkuas (diparut)
  • secukupnya air buat ungep/rebus ayam

Bumbu halus :

  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 ruas kunyit
  • 3 butir kemiri
  • secukupnya gula dan royco ayam

Langkah – langkah :

  1. Siapkan bahan-bahan. cuci bersih, parut lengkuas
  2. Uleg bumbu halus
  3. Panaskan sedikit minyak, lalu tumis bumbu halus hingga harum. masukkan daun salam dan lengkuas (parut) dan ayam. Tuang air dan cek rasa. Diamkan sampai ayam menyerap bumbu/sampai air menyusut. (sisakan air untuk kelapa sangrai)
  4. Bila dirasa cukup, angkat ayam dan sisihkan.
  5. Masukkan kelapa sangrai ke air bekas ungkepan ayam yang masih sisa sedikit airnya. Aduk rata
  6. Panaskan minyak diwajan lain dan goreng kelapa hingga garing kecoklatan
  7. Tiriskan dan simpan diwadah tertutup/kedap udara biar awet atau tahan sampe sebulan (asal minyaknya sudah diserap). Sisanya saya dapet setoples kecil dengan ukuran 1 kepala parut.
  8. Goreng ayam hingga kuning kecoklatan, tata dipiring taburi serundeng kepala diatasnya

Gimana moms? Sangat praktis banget kan? Yuk segera dicoba sekarang juga.
Selamat memasak dan selamat berkreasi.
Jangan lupa share ke saudara dan kerabat yang lain ya moms. Semoga resep ini bermanfaat bagi sesama.

Sumber