Berlangganan

Nasi Bakar Ayam Teri Kemangi. Aromanya Bikin Laper Seketika :D



Selama bertahun – tahun dunia perkulineran hanya dimanjakan menu nasi putih yang diolah jadi nasi goreng. Tapi, sejak hadirnya nasi bakar, masyarakat balik diberi aneka pilihan baru. Nasi bakar ayam teri jadi salah satu pilihan dalam menyantap makanan. Emang sih kalo dilihat, untuk bikin nasi bakar ayam teri ini cukup memakan waktu yang lama, tapi semua akan terbayar ketika menyantap menu yang satu ini.

Terlebih saat menyiapkannya langsung di dapur kesayangan ya bun. Dijamin seluruh anggota keluarga bakal suka banget. Bahan yang terjamin kebersihan dan cara penyajian yang pastinya jauh lebih sehat dibandingkan dengan rumah makan manapun juga.

Nasi bakar merupakan sajian kuliner khas Sunda. Nasi bakar pada intinya adalah nasi beserta lauk sederhana yang dikukus lalu dibakar dalam satu gulungan daun pisang. Dengan cara dibakar, nasi bakar memiliki cita rasa yang khas terutama bila dibakar menggunakan arang. Nasi bakar sangat terkenal dan hampir mudah ditemui. Untuk membuatnya tidaklah sulit. Nasi bakar sangat praktis untuk dimasak dan disajikan karena sudah terdapat lauk di dalamnya. Oh ya resep mom Uzzy Fauziah ini recomended banget loh untuk dicobain, simak langsung aja yuk!

Bahan-bahan:

  • 3 piring nasi putih (saya pake 2 piring nasi merah dan 1 putih)
  • ayam suwir secukupnya 
  • teri secukupnya (kalo saya pake sedikit)
  • 1 genggam kemangi

Bumbu halus:

  • 7 bh bawang merah
  • 5 bh bawang putih
  • 1 ruas kencur
  • 10 bh cabe rawit
  • 1 ruas jahe geprek
  • 1 ruas laos geprek
  • 1 serai iris jd 4 di geprek
  • 4 bh salam
  • daun pisang secukupnya 
  • lidi secukupnya 

Langkah – langkah :

  1. Goreng teri yang sudah dicuci bersih dalam sedikit minyak sampai kering, setelah itu sisihkan. Masukan bumubu halus kedalam minyak bekas untuk menggoreng teri, tumis sampai harum
  2. Setelah harum, masukan laos, jahe, serai, dan daun salam
  3. Setelah daun salam layu masukan ayam, teri dan kemangi, aduk - aduk sebentar lalu tuang 100 ml air.
  4. Masukan garam, gula pasir dan lada secukupnya, tes rasa. Tunggu sebentar sampai air menyusut.
  5. Masukan nasi, aduk semua jadi 1, lalu tes rasa lagi. Setelah pas matikan api. Siap untuk dibungkus.
  6. Bungkus nasi bakar kedalam daun pisang, sematkan lidi
  7. Bakar diatas teflon 7-10 menit sampai daunnya layu dan gosong.
  8. Hidangkan selagi hangat, saya sampai nambah 2 bungkus

Nasi bakar ayam teri kemangi sedeeep sudah jadi, siap untuk disajikan!

Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Jangan lupa like dan share resep ini ke teman, kerabat, dan keluarga yang lainnya ya bunda. Semoga resep ini bermanfaat bagi sesama.

Sumber