Berlangganan

Kerupuk Nasi Sisa Tanpa Bleng No Penyedap (Renyah Banget)



Biasanya kalo punya nasi sisa di apain nich moms? Kalo di buang, duhh sayang banget ya. Sekarang kalo ada nasi sisa, ngga usah di buang, di buat jadi camilan aja. Di bikin Kerupuk Nasi, Enak loh...bikinnya juga gampang, dan gak pake acara drama – drama worry karena harus di campur bahan yang ngga sehat. Hidup sehat, No BORAK.

Coba yuk resep Kheyla's Kitchen, semoga resep ini menjadi inspirasi seluruh keluarga indonesia.

Bahan – bahan :

  • 1 mangkuk nasi sisa
  • 1 mangkuk kanji (sesuaikan kbutuhan)
  • 4-5 siung bawang putih (sesuai slera)
  • 1 sdt ketumbar bubuk (sesuai slera)
  • Secukupnya garam

Langkah – langkah :

1. Rendam nasi kurleb 2 jam.. Saya lama ngrendemnya.... kalo udah masukan blender kasih air dikit (saya pke chooper jadi gak perlu tambah air bnyak) tambahkan bawang + ketumbar + sedikit air.. blender hingga halus (bawang sama ketumbr boleh di uleg di cobek dulu jaga – jaga biar alusnya maximal.


2. Pindah di mangkuk tambahkan garam + kanji uleni hingga kalis (kanjinya boleh di tambah sesuaikan kebutuhan hingga adonan bisa di bentuk artinya tidak lengket bin lembek).


3. Didihkan air, kalaw dah mndidih kecilkan api.. Ambil adonan kalau lengket tangannya boleh di bedaki kanji atau di lumuti minyak.. Lalu gulung - gulung berbentuk lonjok kayak pempek lenjer.. Masukan ke air.. Lakukan hingga habis (kalo bikinnya banyak jangan langsung dibrebus semua ya... Bertahap kalaw panci besar kurleb 5 - 6 lonjoran).. Rebus hingga mengapung n pastikan dalamnya matang.. Angkat tiriskan.


4. Biarkan dingin tata di loyang masukan si kulkas inapkan semalaman biar keras jadi gak lengket pas motong... lalu di potong - potong.. tata di nampan jemur hingga kering 1-2 hari tergantung cuaca.. kalo udah goreng di minyak panas..


5. Kalo panasnya bagus sehari bisa kering kalo krupuknya tipis - tipis.. Biar lebih aman jemur 2 hari.. Langsung goreng di minyak panas..


6. TIPS dari saya : karena kanji kenyal jadi biar gak susah motongnya inapkan semalam di kulkas / biarkan hingga agak mengeras.. jadi wenak motongnya ndak lengket bisa tipis - tipis pulak ... Saya pakai chooper jadi gak perlu tambah air banyak pas nghalusin nasi.. Kalaw kebanyakan air adonannya akan lembek banget nanti kanjinya habis banyak..


7. Sebagian adonan ada yang saya tambah udang rebon kering tambah gurih.. Boleh juga di kasih masako ya..


Kerupuk Nasi Sisa Tanpa Bleng No Penyedap (renyah bgt) sudah jadi!
Mudah dan praktis kan? Selamat mencoba. Jangan lupa share ke teman - teman yang lain ya moms. Semoga resep ini bermanfaat bagi sesama.

Sumber :