Berlangganan

Resep Wedang Ronde Jahe Gula Merah. Warna-warni Menggoda Selera!



Kalau pas lagi hujan dan dingin kayak gini, minum wedang ronde sepertinya memang pas banget Bun. Selain manis dan nikmat, kandungan jahenya juga bikin badan jadi anget dan nyaman.

Oh iya, ternyata minuman isi asalnya dari China lho bun. Nama aslinya Tang Yuan. Orang China biasa mengonsumsi tang yuan saat festival Yuanxiao atau Festival Lampion atau Festival Dongzhi atau pada setiap kesempatan diadakan perkumpulan keluarga.

Untuk menikmati wedang ronde, bunda nggak harus selalu beli kok. Bikin sendiri pun ternyata nggak terlalu sulit. Bunda bisa mencoba resep Wedang Ronde dari Bunda Tintin Rayner. Tidak hanya cantik tampilannya, tapi juga dijamin bikin ketagihan. puas bangettt maem bola-bolanya! hehe

Yukk langsung disimak resep Wedang Ronde berikut ini :

Bola-bola:

  • 300 gr Tepung ketan
  • 1.5 sdm Tepung Kanji
  • 700-800 cc air(sesuaikan sendiri sampe bisa dipulung bulet)
  • 1 Liter air untuk merebus bola-bola
  • 2 sdt Air kapur sirih,aku ga pake baik-baik aja

Fillling:

  • 200 gr Kacang tanah sangrai,gepuk
  • sesuai selera Gula merah+Pasir

Wedang Jahe:

  • 1.5 liter air
  • 5-6 ruas Jahe,bakar,keprek
  • pedes disesuaikan selera aja yaa

Cara membuat:

  1. Tepung ketan+kanji,dikasih air sedikit-sedikit,sambil diuleni sampai elastis bisa dipulung. Bagi jadi beberapa bagian,kasih pewarna masing-masing
  2. Bentuk adonan,ambil sedikit adonan,isi dengan kacang. kalo aku kasih air dikit biar ga ambyar/amprul waktu ngisi moms
  3. Rebus air,masukkan bulatan-bulatan ronde di api kecil,tunggu sampai mengapung(udah mateng), tiriskan,masukkan dalem Rendaman Gula.
  4. Penyajian : Sajikan tangyuan/ronde bersama air gula di mangkok,trus guyur wedang jahenya,hmmm angettt di perut
  5. Kalo beli biasane 1 mangkok cuma dapet bola-bola nya 3 biji..soalnya bikin sendiri,tadi kalap maem 20 biji an...hihhihii
  6. Ronde..ronde...ting ting ting (ala abang-abang jual biasanya ketuk-ketuk sendok ke mangkuk) xixixi
  7. Oh ya moms,untuk filling bole pake ting ting kacang kalo males ya.kalo aku tadi sangrai kacang.aku kasi isian buanyakk sampe berasa maem wedang klepon.tapi uenakkk:)
  8. Aku tadi ga pake air kapur sirih, murni tepung ketan ajaa,kenyall koqq no problemo

Okee siap disajikan, Sajikan tangyuan/ronde bersama air gula di mangkok,trus guyur wedang jahenya, disaat cuaca lagi dingin, minum yang hangat-hangat..hmmm tambah sipp!! Selamat mencoba ya bun :)

Sumber