Berlangganan

Resep Ikan Kembung Bakar Padang. Bikin Ketagihan!



Hallo, bunda-bunda yang doyan banget sama ikan, kali ini kita akan hadirkan menu ikan kembung bakar ala resto padang gitu loh.. pasti sedap deh.

Oh ya bun, Ikan kembung disebut juga ikan lema atau tatare kalau di Ambon, sedangkan kalau di makassar biasanya mereka sih menyebutnya ikan banyar. Kenapa Ikan kembung kita pilih di menu masak kali ini, karena ternyata manfaat dan khasiatnyanya tuch banyak banget ikan satu ini yaitu Memberantas Kolesterol, Mencegah Stroke, Melancarkan Peredaran Darah,Mencerdaskan Otak, Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal, dan pasti nya khasiat yang lainnya bisa jadi lauk yang nikmat plus ngenyangin perut sekeluarga ya bun hehe...

Terus buat bunda yang lagi ngurangin konsumsi minyak pas banget dech kalau bikin resepnya ala Xanderskitchen, bikin bumbunya gak usah ditumis ya, bumbu dan santan dimasak aja di kompor agak lama sampai bumbu benar-benar matang dan bau langunya hilang. Yuk intip cara masaknya, berikut ini :

Bahan-bahan :

  • 6 ekor ikan kembung
  • 2 btg sereh
  • 4 lbr daun jeruk
  • 1 lbr daun kunyit muda diiris halus
  • 1 bh jeruk nipis
  • 100 ml santan kental
  • 2 gls air kurang lebih
  • secukupnya garam, gula
  • Bumbu yg dihaluskan :
  • 15 btr bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 6 bh cabe merah keriting
  • 20 btr cabe rawit
  • sejempol kunyit
  • sejempol jahe


Langkah-langkah :

  1. Bersihkan ikan kembung, beri perasan jeruk nipis dan sedikit garam. Sisihkan
  2. Masak santan, air, bumbu daun dan bumbu halus. Saya gak ukur airnya berapa banyak kira-kira segitu lah. Godog agak lama sampai bau langu hilang, bumbu nya matang
  3. Masukkan ikan kembung. Tambahkan garam, gula
  4. Masak sampai kuah menyusut, bumbu meresap. Jangan dibolak balik supaya ikan gak hancur cukup balik 1x aja
  5. Bakar ikan. Saya bakar pakai kayu. Persis main masak-masakan, lebih enaak dibakar pakai kayu atau arang dibanding bakar teflon. Aroma asap nya gak dapat kalau bakar di kompor. Kalau malas ya bakar di kompor aja
  6. Bakar ikan sambil dioles-oles sisa bumbu sampai sedikit kering. Terlalu kering gak enak ya...saya suka ikannya masih juicy. Ikannya sudah matang kog kan sudah dimasak sebelum dibakar.

Buat teman makan kembung bakar, rebus daun singkong sama bikin sambal cabe hijau. Cabe hijaunya sesuai selera ya, terus cabenya di kukus atau digoreng sebentar lalu dihaluskan kasih sedikit garam. Jadi deh kita makan ala-ala resto padang. Ini sedeep, nagih banget, wangi, gurih nggak kalah dari resto padang. Hehehe...

Okee siap disajikan!!!

Selamat mencoba ya bunda, semoga berhasil.

Sumber : https://cookpad.com/id/resep/2502329-kembung-bakar-padang