Berlangganan

Resep bubur Candil (Katiri Mandi Ubi Ungu). Bikin Kangen Nih Bun :)



Tentang ubi ungu, siapa sih yang gak tahu. Pasti banyak yang pada tahu dan suka ya, karena disamping rasanya manis, khasiatnya juga banyak banget loh antara lain bisa untuk obat anti kanker, menyehatkan jantung, menyehatkan mata, melancarkan peredaran darah, baik juga loh untuk penderita diabetes.

Orang jepang juga suka banget sama ubi ungu loh karena bagi mereka ubi bisa digunakan sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi. Di Jepang sendiri, ubi bakar dijual dengan harga cukup mahal yaitu sekitar ¥400 atau 40ribu rupiah.

Berbeda dengan Indonesia, ya! Ubi dijual dengan harga 15-20ribu per kilogram. Nah, oleh karena itu orang Jepang lebih menghargai ubi dan mereka bangga mengkonsumsinya. Kita sebagai orang indonesia harusnya juga bangga untuk mengkonsumsi ubi, daripada konsumsi junk food yang jelas-jelas tidak baik untuk kesehatan kalau dikonsumsi terlalu sering hehee...



Masih ngomong-ngomong tentang ubi terkadang suka bosen ya makan ubi hanya dengan cara digoreng, dibakar, di kukus, di buat pudding, dibuat onde-onde ataupun dibikin kolak aja. Jadi kali ini biar gak gitu mulu cara makannya, biar ada variasi lagi cara makannya, yukk kita bikin camilan jadul yang selalu hits sampai kapanpun yaitu dibikin bubur candil ala Resep Bunda Susi Agung. Pasti dikira bikinnya bakal ribet dan mbulet kan, ehhh.. ternyata gak sampe setengah jam udah jadi, gampang bangett dech. Harus dicobain bikin loh.. yukkk intip cara bikinnya berikut ini ya

Bahan – bahan :

  • 125 gram ubi ungu
  • 125 gram tepung ketan putih
  • Sedikit air

Bahan saus:

  • 750 ml santan kental
  • 2 lembar daun pandan
  • 125 gram Gula pasir (me: 6 sdm)
  • 1/2 sdt garam
  • 2-3 sdm tepung beras (larutkan dengan sedikit santan)

Langkah – langkah :

  1. Kukus ubi ungu sampai matang, haluskan selagi panas.
  2. Campur tepung ketan dengan sedikit garam, tuangi air sedikit saja, uleni sampai rata, lalu tambahkan ubi ungu, aduk rata sampai bisa dipulung.
  3. Ambil adonan lalu bentuk bulat atau lonjong (sesuai selera) sampai habis.
  4. Didihkan air, rebus adonan sampai matang dan terapung, angkat, tiriskan.
  5. Rebus santan, gula, pandan dan garam sampai mendidih, masukkan candil masak kembali sampai mendidih, beri larutan tepung beras sesuai kekentalan yang diinginkan, aduk sampai kental dan mendidih, matikan api.

Katiri mandi ubi ungu (bubur candil) Siap disajikan selagi hangat – hangat !!!

Asli ini legit, gurih dan yummi banget, bakal jadi menu andalan keluarga dirumah dech.. dinikmati dikala musim hujan gini pass bangett, selagi masih hangat sambil bercanda ria dengan keluarga.

Selamat mencoba, semoga resep ini bermanfaat ya dan jangan lupa share ke teman, saudara dan kerabatnya yang lain ya bunda :)

Sumber