Berlangganan

Resep Botok Tempe Lamtoro. Masakan Jadul yang Tetap Digemari



Alkisah Lamtoro ini ternyata berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah, Lamtoro atau mlanding atau petai cina oleh suku Sunda di Jawa Barat, kunyahan pucuk muda daun lamtoro bisa digunakan untuk ditempelkan pada luka yang disebabkan oleh benda tajam. Juga, di Cilacap, biji lamtoro yang dicampur dengan kulit batang talas dapat dipergunakan untuk mengobati luka teriris pisau loh, banyak ya ternyata manfaat lamtoro. Hhehehe.. Tapi kali ini kita mau masak biji lamtoronya ya bunda sekalian..

Ngomong-ngomong tentang lamtoro enaknya memang dibikin botok ya dan ternyata bikin botok tak seseram yang di bayangkan kok, bahannyapun mudah dicari tapi memang agak sedikit ribet ya tahapannya, namun yang penting hasil akhirnya Enaaaak dan seluruh anggota keluargaa suka looooo seperti Resep bunda Susi Agung ini, patut untuk dicoba.

Penasaran!!!!....yuk intip step by stepnya ya....

Bahan – bahan :

  • 1 papan kecil tempe
  • 1/2 butir kelapa setengah tua parut
  • 2 genggam lamtoro
  • 1 genggam teri
  • 3 buah cabe hijau, iris serong
  • 10 buah cabe rawit utuh
  • 1 genggam Daun melinjo (saya gak pake, lagi gak ada)
  • Secukupnya daun salam
  • Secukupnya garam & gula merah
  • Secukupnya daun & lidi untuk membungkus


Bumbu halus:

  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 buah cabe rawit (sesuai selera)
  • 1 ruas jari kencur

Langkah – langkah :

  1. Potong kecil-kecil tempe lalu kukus sampai matang supaya tidak sengir (bahasa Indonesianya apa ya?)
  2. Siapkan semua bahan.
  3. Tuang bumbu halus keatas bahan botok (kecuali daun salam).
  4. Bumbui garam dan gula merah, aduk rata, tes rasa, bila sudah pas adonan siap dibungkus.
  5. Ambil daun pisang, beri selembar daun salam, beri 1-2 sdm adonan botok, bungkus dan semat dengan lidi.
  6. Kukus botok selama 15-20 menit, angkat.

Botok tempe lamtoro sudah siap dihidangkan.

Oh ya.. Tingkat kepedasan bisa diatur sesuai selera dengan penambahan cabe rawit pada bumbu halusnya ya, bahannya ditambah campuran daun kemangi dan telor juga enak loh bun, biar tambah sedap dan harum. Daun kemangi bisa jadi pengganti daun melinjo ya. Nikmat sekali dihidangkan dengan nasi hangat dan krupukkk.. kresss rasanya, apalagi kalo lamtoro atau petai cina nya pakai yang masih muda jangan yang terlalu tua, karena yang tua agak keras pasti deh tambah top maknyusss.. heheehe.

Ada tips nih bun, Konon katanya menambahkan cabe rawit utuh sewaktu membungkus, bisa membuat bothok lebih awet, gak cepet basi. Selain proses mengukusnya yang tentu harus benar-benar tanak ya :)

Selamat mencoba, semoga resep ini bermanfaat dan jangan lupa share ke tetangga, kerabat dan keluarga yang lain ya bunda.

Sumber