Berlangganan

Lapis Legit Praktis Hemat Telur. Tetap Legit dan Lembut!



Kue lapis legit memang enak dan sudah sangat terkenal. Tapi membuat kue ini termasuk gampang-gampang susah, dan biasanya menggunakan telur banyak sekali. Selain mahal, resiko gagalnya juga lumayan tinggi.

Namun resep yang satu ini beda lho bun. Resep kue lapis ini hanya menggunakan lebih sedikit telur, dan resiko gagalnya juga kecil. Penasaran kan? yuk langsung kita simak aja resepnya berikut ini:

Bahan Bahan Pertama
  • 16 butir kuning telur
  • 4 butir putih telur
  • 200 gram gula halus (aslinya 185 gr)
  • 50 gram tepung maizena (aslinya pake tepung marasquin)
  • 1/2 sendok makan emulsifier (aslinya 1 sdm)
  • 120 gram tepung terigu kunci
  • 50 gram susu bubuk

Bahan Bahan Kedua
  • 175 gram mentega cair (aku ga campur dengan 50 gram margarin)
  • 250 gram mentega kocok hingga pucat (saya tambahin 3 sendok makan susu/SKM)


Cara Membuat:
  1. Cairkan mentega 175 gram, sisihkan
  2. Kocok mentega 250 gram sampai pucat, lalu sisihkan
  3. Campur semua bahan pertama dan kocok sampai mengembang/kental, matikan mixer dan kemudian masukan mentega cair.
  4. Masukan mentega kocok dengan cara aduk balik
  5. Timbang adonan 90 gr, panggang dengan api bawah di loyang 20 x 20 tinggi 7
  6. Panggang hingga permukaannya agak coklat. teruskan memanggang dengan api bawah hingga 2 lapis. Selanjutnya gunakan api atas.Tiap 3 lapis taburi keju parut
  7. Setelah lapisan paling atas coklat, panggang lagi dengan api bawah sekitar 15 menit. Tutup permukaan kue dengan alu voil kalo perlu.
  8. Dinginkan lapis legit, siap dipotong-potong
  9. Jika ingin ditambahin vanili/rhum bakar bisa saja , kalau saya lebih suka ga ditambahin..biar wangi kejunya ga kecampur sama yang lain.

Prosesnya memang cukup memakan waktu bun, tapi nggak terlalu sulit kok. Bunda pasti bisa! hehe..
Selamat mencoba yaa.. :)

Sumber: http://kupasresep.com/resep-kue-lapis-legit-praktis-hemat-telur/