Berlangganan

Resep Misoa Goreng Ayam Wortel by Tintin Rayner



Misoa goreng, yess..! Pas masih kecil kita sering makan camilan yang satu ini. Enak banget dan bikin kenyang! hehe. Camilan ini sekarang agak susah ditemui ya. Tapi kalau kangen sama misoa goreng, bunda bisa mencoba resep maknyus dari Bunda Tintitn Rayner yang satu ini.

Bahan-bahannya murah meriah dan sehat. Kalau mau, daging dan wortelnya juga bisa dibanyakin. Suka-suka deh pokoknya! Rasa pun bisa disesuaikan dengan selera, tanpa MSG yang jelas. Jadi si kecil mau makan samapi puas pun gak masalah, hohoho. Cuuuss!

Bahan-bahan:
150 gram Daging ayam cincang (bole diganti sapi)
1 bungkus Misoa (aku pake merk Orangtua)
1 buah Daun bawang (cincang halus)
1 buah Wortel (potong dadu)

BUMBU :
2 siung Bawang putih (haluskan)
2 siung Bawang merah(haluskan)
1/2 sdt Merica butiran(haluskan)
sesuai selera Garam
Sedikit gula (sesuai selera)

Bahan Celupan:
2 butir Telur ayam,kocok lepas


Cara Membuat:
  1. Tumis bumbu halus (bawang putih+merah+merica) sampai harum. Masukkan daging ayam dan potongan wortel. Tumis sampai berubah warna, kemudian taburi daun bawang.
  2. Tuang air 700ml, lalu masukkan misoa dan aduk terus sampai mengental dan mengembang. Bumbui dengan garam, gula, boleh juga penyedap misal m*sako (mengandung msg). Matikan api jika air sudah mengering.
  3. Tuang di cetakan/loyang yang uda di Oles sedikit mentega/minyak.ratakan dengan spatula, padatkan. 
  4. Diamkan di suhu ruang sampai mengeras, lebih cepet lagi kalau dimasukkan kedalam kulkas.
  5. Setelah dingin dan mengeras, balikkan loyang, potong-potong sesuai selera
  6. Celupkan kedalam kocokan telur
  7. Goreng di Api sedang yang sudah dipanaskan sampai misoa matang, bewarna cokelat keemasan.

Nah..mudah bangett kan..siap disajikann..hohho..sayang banget ga ada rawit cabai hijau..soalnya masaknya dadakan bo..