Berlangganan

Resep Bakso Tahu Goreng Kuah by Herti Kitchen



Duh, ngelihat gambarnya aja udah ngiler nih. Foto-foto yang diupload bunda Herti emang bagus-bagus semua dan bikin tampilan masakannya semakin menggoda selera.

Resep bakso tahu goreng kuah ini juga tampil istimewa dengan bahan utama ikan tenggiri, daging ayam, udang dan daging cincang. Super enak dan bergizi tinggi dah pokoknya, hehe. Cocok banget disantap untuk makan siang ataupun makan malem. Segeeer! Buat bunda yang penasaran bisa langsung simak resepnya berikut ini.

Bahan bakso tahu goreng: 
  • 200 gr daging cincang
  • 200 gr daging ikan tenggiri
  • 200 gr udang
  • 150 gr ayam
  • 3 sdm kanji Tani
  • 1 1/2 sdm kecap ikan
  • 1 1/2 sdm saus tiram
  • 1/2 - 1 sdm minyak wijen
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt merica
  • 4 sng bawang putih
  • 1 1/2 sdt baking powder (peres)

Bahan Kuah: 
  • 2 ltr kaldu tulang/daging
  • 4 sng bawang putih
  • 3 sdt garam
  • 1 sdt merica

Pelengkap: 
  • Tahu
  • Bawang daun, iris
  • Seledri, iris
  • Sawi hijau, direbus
  • Saus sambal


Cara membuat:
  1. Haluskan semua bahan dalam food processor hingga menjadi adonan yang tercampur rata.
  2. Banting2 adonan sebentar (agar kenyal).
  3. Dengan bantuan 2 bh sendok makan, bentuk bulatan2 sesuai selera.
  4. Sebagian masukkan ke dalam tahu yang sudah dikerok bagian tengahnya.
  5. Goreng hingga matang dengan api sedang.

Cara Membuat Kuah:
  1. Haluskan bawang putih, merica dan garam.
  2. Tumis hingga harum.
  3. Kemudian masukkan ke dalam kaldu.

Sajikan bakso tahu goreng dengan kuah dan pelengkap lainnya.

Note:
Sebenarnya di resep aslinya tidak ada daging ayam, yang ada adalah lemak ayam (dari kulit ayam yg dicincang halus).
Silahkan yang mau mencobanya...
Saya sih kalau dengar kata "lemak", sudah takut duluan...

Selamat mencoba ya bun, mudah-mudahan berhasil!

Sumber: http://pbase.com/archiaston/image/58790070