Berlangganan

Tips Membuat Bolu Kukus Mekar Dalam Waktu 15 Menit



Bolu kukus mekar termasuk bolu kukus yang paling banyak dikonsumsi orang Indonesia. Bolu jenis ini dijual di mana-mana, mulai dari pasar tradisional hingga warung di dekat rumah. Bahan-bahan dan proses pembuatan yang sederhana membuat bolu ini jadi favorit kita semua sejauk dulu sampai sekarang.

Tantangan utama saat membuat bolu kukus jenis ini adalah membuatnya mekar saat bolu sudah matang. Ada yang sudah mencoba buat berkali-kali tapi tetap mingkem alias nggak mekar.

Kemudian masalah kedua adalah kue bolu yang sudah jadi ternyata bau amis telur. Walaupun sudah mekar dan terasa enak, namun bau amis ini bisa mengurangi selera orang yang memakannya.

Nah bagai mana supaya bolu kukus ini bisa mekar sempurna dan nggak bau amis? Ternyata penggunaan bahan dan cara pembuatannya memang membutuhkan sedikit teknik khusus. Simak tips-tips berikut untuk membuat kue bolu kukus yang mekar dan harum.

Bahan-bahan:
  • - 250 gram tepung terigu serba guna (saya pakai Segitiga Biru)
  • - 200 ml susu cair (saya pakai susu cair Indomilk)
  • - 3 butir telur, suhu ruang
  • - 150 gram gula pasir
  • - 1 sendok teh vanila ekstrak atau 1/2 sendok teh bubuk vanili  
  • - 15 gram emulsifier (bisa pakai Ovalet atau SP)
  • - 1 sendok teh pasta coklat (saya pakai pasta Black Forest)


Cara Membuat:
  1. Siapkan cetakan aluminium dan kertus cup untuk membuat bolu kukus. Ukuran kertas cup harus sama tinggi dengan cetakan. Kalau kertas cup terlalu tinggi, bolu bisa gagal mekar.
  2. Panaskan dandang dengan air secukupnya. Jangan sampai ketinggian air menyentuh saringan ya bun. Kalau air sampai menyentuh dasar kue, bisa membuat bagian bawah bolu jadi bantat.
  3. Siapkan wadah, lalu masukkan tepung, susu cair, emulsifier (pelembut kue), gula pasir, telur dan vanili. Susu cair dan telur dikocok terpisah sebelum dimasukkan bersama bahan lainnya.
  4. Mixer adonan dengan kecepatan rendah sampai tercampur rata, kemudian ganti jadi kecepatan tinggi hingga adonan mengembang, kental dan berwana putih.
  5. Ambil Separuh adonan dan letakkan di wadah terpisah. Beri pewarna coklat atau pewarna lainnya, lalu aduk sampai rata dengan tingkat warna yang sesuai keinginan bunda.
  6. tuang adonan putih ke dalam cetakan yang sudah diberi paper cup sampai agak penuh, kemudian ditambah adonan yang sudah diberi pewarna. Supaya mekar, pastikan cetakan diisi adonan sampai penuh ya bun. 
  7. Masukkan cetakan yang sudah diisi adonan ke dalam dandang yang sudah dipanaskan. Pastikan danang sudah panas supaya bolu matang dan mekar dengan sempurna. Alasi permukaan dandang dengan kain bersih yang mampu menyerap air sebelum ditutup dengan penutup dandang dan jangan buka penutup dandang selama kue dikukus. Kukus dengan api besar selama 15 menit. Setelah matang, keluarkan bolu kukus dari dandang dan cetakan.

Bolu kukus mekar sudah jadi dan siap disantap bersama keluarga. Lezaaat!
Selama mencoba dan semoga berhasil ya bun!

Via: http://www.justtryandtaste.com/