Berlangganan

Resep Roti Goreng Wijen. Lembut dan Renyah!


Pingin mencoba bikin camilan yang praktis dan enak untuk buka puasa nanti? Cobain resep Roti Goreng Wijen dari Maryam Maeco yang enak ini yuk! Resep roti goreng ini praktis banget , karena cuma butuh tiga bahan utama, yaitu tepung terigu, gula dan telur. Sementara bahan tembahan lain seperti garam dan vanili juga sangat mudah didapat.

Meski gampang dan praktis, namun ada beberapa hal yang wajib dipenuhi supaya hasil dari roti goreng ini nantinya renyah dan empuk. Pastikan ragi yang digunakan masih aktif. Usahakan beli ragi / fermipan yang baru aja yang belum terbuka, sehingga lebih terjamin daya kembangnya.

Bahan-bahan:
  • 200 gram tepung terigu
  • 70 ml air hangat 
  • 50 gram gula halus (bisa diganti 40-45 gram gula pasir biasa)
  • 1 sdt ragi instan/fermipan
  • 1 butir telur
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili


Cara membuat:
  1. Siapkan gelas atau mangkuk, larutkan ragi instan dengan air hangat secukupnya dan sisihkan.
  2. Siapkan mangkok lain, masukan telur dan kocok sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu, gula halus, ragi yang sudah dilarutkan dan vanili. Siram dengan air sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata.
  3. Diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam supaya mengembang. Pastikan wadah adonan ditutup dengan plastik atau kain basah.
  4. Setelah mengembang, letakkan adonan di atas talenan atau bidang datar lainnya yang sudah di taburi tepung sebelumnya. Giling dan tipiskan menggunakan gilingan tangan atau botol kaca hingga ketebalan sekitar 2 cm.
  5. Olesi bagian atasnya dengan air, lalu taburi wijen secukupnya.

Potong-potong adonan dengan bentuk dan ukuran sesuai selera.
Goreng dengan api sedang sampai berwana coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.

Selesaii! Roti goreng yang empuk tapi lembut ini sudah jadi dan siap disantap. Kalau mau dinikmati saat buka puasa, sebaiknya pembuatan kue ini dilakukan di sore hari supaya rotinya masih segar ddan hangat.

Selamat mencoba ya bun. Semoga berhasil deh pokoknya :)
Resep: Maryam Maeco