Berlangganan

Resep Martabak Brownies. Nyoklat Banget!



Bosan dengan martabak biasa di pinggir jalan? Bagaimana kalu bunda coba bikin martabak brownies aja. Resep andalan Ummu Fatima ini sangat disukai keluarganya. Nggak cuma suamiya saja, tapi anak-anaknya juga selaluuu sukaaa. Biasanya kalo bikin langsung ludesss. Puas deh rasanya kalo memasak sesuatu langsung habis disantap, hehe...

Oya, resep martabak brownies ini termasuk gampang dan resiko bantat nya kecil. Yang penting bunda harus memastikan raginya masih aktif dan tidak mati. Usahakan gunakan ragi / fermipan yang masih baru aja bun. beli yang sachet-an murah kok :)

Bunda bisa menambahkan berbagai macam topping sesuai selera, tapi tanpa topping pun sebenarnya sudah enak. rasanya lembut dan nyoklat banget! Daripada ngiler sendiri, yuk mending langsung kita cobain resepnya.

Bahan-bahan :
  • 400 ml santan atau susu cair
  • 350 gr tepung terigu
  • 100 gr margarin
  • 75 gr gula pasir
  • 70 gr dcc (dark cooking chocolate), potong-potong
  • 3 butir telur
  • 1,5 sendok teh ragi instan (fermipan)
  • sedikit garam

Tamabahan:
  • Olesan: margarin
  • Taburan: gula pasir atau keju parut, susu kental manis, remahan waffer, kacang tumbuk, dll

Cara Membuat :
  1. Cairkan margerin, kemudian masukkan dcc dan matikan api. Aduk-aduk dcc sampai meleleh.
  2. Di wadah yang lain, masukkan terigu, garam, gula, santan, telur dan ragi instan. Mixer dengan kecepatan rendah sampai rata. Masukkan dcc yang sudah dicairkan dan mixer lagi sampai rata. Diamkan selama 30-an menit.
  3. Panaskan wajan teflon. Setelah panas, tuang adonan secukupnya. Gunakan api kecil dan wajan tidak perlu diolesi margarin.
  4. Setelah matang dan permukaan martabak cukup kering dan tidak lengket, olesi dengan margarin dengan cepat, disusu dengan taburan topping sesuai selera. Bunda bisa mnggunakan susu kental manis, taburan keju parut, kacang tumbuk, remah waffer atau wijen.
  5. Angkat martabak dan letakkan di talenan atau bidang datar lainnya. Potong-potong dan sajikan.

Gampang kan bun. Bunda nggak harus punya alat khusus untuk membuatnya karena cukup menggunakan wajan teflon yang ada di rumah. Lebih bagus lagi jika wajannya punya tutup supaya matangnya lebih merata. Kalau bunda pingin martabak brownies yang lebih nyoklat lagi, bisa dengan menambahkan 1-2 sdm coklat bubuk pada adonan mentahnya.

Selamat mencoba yaa..!