Berlangganan

Resep Kue Sagu Keju. Garing, Ringan, dan Lumer di Mulut



Persiapan Lebaran bun, inilah kue kering wajib lainnya yang harus ada selain nastar dan kastengel, hehe. Di antara ketiga kue ini, biasanya kue sagu keju yang peling cepet habis. Bukan tamu sih yang ngabisin, tapi malah penghuni rumahnya sendiri, wkwkwk.

Kalau sudah makan kue ini memang susah berhenti. kuenya ringan, lembut dan lumer dimulut. Enak banget. Kadang nggak berasa bisa habis setengah toples. Gurih dan ngeju banget pokoknya!

Tapi membuat kue sagu keju ini ternyata gampang-gampang susah ya bun. Kalau nggak mengikuti dan intruksinya dengan benar, kuenya bisa-bisa bantat dan kenyal mirip cireng. Nah supaya nggak gagal, yuk ikuti resep dan cara membuat kue kering sagu yang satu ini. Resep ini merupakan versi resep yang simpel tapi dengan hasil yang memuaskan.

Bahan-bahan:
  • 200 gram tepung sagu
  • 2 lembar daun pandan
  • 100 gram butter atau marg├árin, atau bisa campuran keduanya.
  • 75 gram gula Halus
  • 1 kuning telur
  • 75 gram keju cheddar, parut (lebih enak lagi kalau dicampur keju edam)
  • 2 sdm santan kental (kara)


Cara Membuat:
  1. Tuang tepung sagu ke dalam wajan bersama daun pandan. Sangrai menggunakan api kecil sampai daun pandan mengering. Tujuannya adalah supaya aromanya jadi wangi. Angkat dan dinginkan tepung sagu. Pastikan sampai benar-benar dingin ya bun. 
  2. Kocok margarin atau butter bersama gula halus selama kurang lebih 2 menit. Lalu tambahkan santan dan kuning telur. Kocok lagi sebentar sekitar 5 detik aja, yang penting santan dan kuning telur udah nyampur. Jangan kelamaan ya bun, nanti kuenya bisa luber / melebar pas dipanggang.
  3. Masukkan keju parut adn aduk pelan-pelan menggunakan spatula / sendok.
  4. Masukkan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata.
  5. Cetak / spuit adonan diloyang yang sudah dialasi kertas roti sampai adonan habis. Dengan sedikit latihan nanti bunda bisa membentuk ue sagu yang cantik bentuknya :)
  6. Panggang kue dalam oven dengan suhu 160°C selama 20 menit atau sampai matang. Awasi kue karena kue sagu ini termasuk gampang gosong.
  7. Selesaaiii! kue sudah jadi dan dinikmati. Puas banget deh rasanya kalo bisa bikin sendiri. Selamat mencoba yaa...!

Catatan penting:
  • Pastikan menggunakan tepung sagu asli. Dipasaran ada tepung merk sagu tani, tapi ternyata isinya adalah tepung taioka/kanji. Tepung sagu berasal dari pohon sagu, sedangkan tepung tapioka/kanji berasal dari singkong. 
  • Pastikan tepung sagu yang sudah disangrai sudah benar-benar dingin sebelum diproses lebih lanjut. Kalau masih panas, hasilnya akan bantat dan agak alot.