Berlangganan

Resep Kacang Mede Karamel Pedas Manis. Enaknya Juaraa!



Buat kami sekeluarga, camilan yang paling kami incar pas hari Lebaran bukanlah kue-kue kering aneka jenis dan rasa, melainkan kacang mete! Ya bahkan stok kacang mete-nya kadang udah habis duluan sebelum sebelum lebaran gara-gara buat rebutan di rumah, hahaha!...

Selain kacang bawang yang saya tulis kemarin di sini, kacang mede juga sering disuguhkan untuk para tamu di hari raya Idul Fitri. Tidak hanya sekedar digoreng biasa, tapi ada juga yang dibuat menjadi Kacang mede goreng madu, goreng tepung kriuk, dll

Nah, kali ini kita akan mencoba resep kacang mede karamel pedas manis yang rasanya nendang abis. Cocok buat yang suka dengan camilan pedas.

Bahan-bahan:
  • 500 gram kacang mede
  • 10 buah cabe keriting
  • 8 buah cabe rawit merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • Gula dan garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Daun jeruk potong kecil kecil secukupnya


Cara membuat:
  1. Rebus air sampai mendidih, lalu siramkan pada kacang mede mentah dan diamkan selama 10 menit sampai dingin. kemudian beri garam 1 sendok teh, aduk-aduk bersama mede dan diamkan lagi 5 menit.
  2. Goreng kacang mede menggunakan minyak panas, tapi dengan setingan api kecil saja. Setelah matang, angkat dan sisihkan.
  3. Uleg bawang-bawangan dan cabe sampai halus, lalu tumis sampai harum.
  4. Tambahkan garam, gula dan air secukupnya. Kemudian masak sampai jadi karamel.
  5. Masukkan kacang mede yang sudah digoreng tadi dan aduk-aduk sampai tercampur rata dengan bumbu karamel.

Selesai! Kacang mede karamel pedas manis sudah jadi dan siap disantap. Pastikan kacang sudah dingin sebelum dimasukkan ke dalam toples kedap udara.

Tips membuat kacang mete :
  1. Agar kacang mete cepat matang saat di goreng, maka sebelumnya kacang mete bisa di oven lebih dahulu hingga menjadi kacang mede setengah matang. Saat menggoreng jangan lupa dibalik-balik agar tidak gosong ya.
  2. Biasa kan menggoreng dengan menggunakan minyak panas, tapi jangan menggunakan api yang terlalu besar. Gunakan api kecil atau sedang saja.
  3. Masukan kacang hanya ketika air dalam wajannya sudah menyusut, supaya kacangnya tidak melempem. Jadi, masaklah bumbunya hingga benar-benar matang, berambut, dan memiliki konsentrasi yang cukup kental. Setelah itu masukan kacangnya, aduk terus hingga bumbunya merata dan kering. Dengan begitu, kacang tetap renyah dan garing meski disimpan cukup lama dalam toples.

Resep: Tanty Siskadewi‎