Berlangganan

Resep Brudel Keju Khas Manado. Empuk dan Lembuuut!



Kue Brudel ini emang nggak ada matinya. Kue jadul khas Manado ini masih tetap disukai sejak dulu sampai sekarang. Mungkin disukai karena proses pembuatan dan bahan yang digunakan sangat sederhana dan praktis tapi dengan hasil yang enak dan jarang gagal.

Kue brudel ini sepertinya merupakan salah satu kue warian zaman Belanda seperti halnya klappertaart, bitterbalen, dll. Tidak hanya di Manado, kue ini juga sudah terkenal di seluruh Indonesia.

Kalau dilihat dari bentuknya sih kue ini mirip dengan kue bolu singkong yang sangat lembut dan empuk. Dan meskipun termasuk kue basah, kue brudel ternyata mampu bertahan cukup lama kalau disimpan dengan baik. Sifatnya yang lembut tapi cukup mengenyangkan membuat kue ini sering jadi teman minum teh atau kopi di pagi hari.

Nah, kalau bunda penasaran dengan resepnya, berikut adalah resep kue brudel dari bunda Lena Izzan yang sudah banyak dicoba oleh bund-bunda yang lain. Gampang dan anti gagal :)

Bahan-bahan:
  • - 400 gram tepung terigu
  • - 225 gram gula pasir
  • - 150 gran margarin (tanpa dicairkan)
  • - 3 sendok makan Susu Kental Manis seduh dengan air hangat hingga menjadi 1 gelas ya.
  • - 3 butir telur
  • - 1 sendok makan peres/rata ragi instan (fermipan)
  • - 1 sendok makan susu bubuk


Cara Membuat:
  1. Siapkan wadah. Masukkan semua bahan dan mixer dengan kecepatan rendah sampai tercampur rata. Adonan tidak perlu sampai mengembang.
  2. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah dioles margarin dan terigu.
  3. Diamkan selama kurang lebih 45 menit supaya ragi bekerja dan membuat kue mengembang.
  4. Sebelum dimasukkan oven, beri taburan keju parut di atas adonan.
  5. Panggang adonan di dalam oven selama sekitar 45-50 menit atau sampai matang (bisa dicek menggunakan tes tusuk).

Selseai! Kue Brudel Keju sudah jadi dan siap disantap. kuenya enak banget dimakan pas masih hangat. tapi setelah dingin juga tetap enak kok bun. Kalau mau disimpan, bisa dipotong-potong dulu dan dimasukkan ke dalam wadah kedap udara. Simpan di dalam lemari es.

Selamat mencoba yaa.. Semoga berhasil!

Resep: Lena Izzan