Berlangganan

Cara Membuat Rengginang Yang Enak, Renyah dan Gurih



Pas Lebaran, buka kaleng biskuit tapi isinya rengginang? Ayo siapa yang merasa pernah ketipu? hehehe..  Kalau saya malah seneng banget kalo ternyata isinya rengginang lho!

Nggak cuma saya, diantara banyak camilan kue kering yang ada, banyak saudara dan tamu dari kota besar yang justru lebih memilih rengginang. Mungkin mereka sudah bosan dengan segala jenis biskuit dan kue kering lainnya. Atau bisa jadi kangen dengan camilan di masa kecil mereka.

Rengginang ini memang nggak ada matinya. Camilan jadul ini memang tidak lekang oleh waktu. Dari dulu sampai sekarang tetap jadi favorit keluarga. Padahal camilan ini termasuk camilan yang sangat sederhana, baik dari bahan maupun cara membuatnya. Bahan utamanya cuma beras ketan, garam dan bawang putih. Tapi rasanya memang enak dan bikin ketagihan sih. Ayo ngaku aja, kalau ambil rengginang dari toples pasti nggak cukup cuma satu kan? hehehe.

Kali ini kita akan mencoba resep Rengginang Spesial dari bunda Susi Agung. Dibilang spesial karena resepnya sedikit berbeda dengan kebanyakan resep rengginang lainnya. Yang membedakan adalah penambahan santan yang membuat rengginang lebih gurih dan enak. Resep standar memang hanya menggunakan air putih biasa, tanpa santan. Untuk jelasnya, yuk kita simak resep berikut ini.

Bahan-bahan:
  1. 500 gram beras ketan
  2. 750 ml santan
  3. 4 siung bawang putih (haluskan)
  4. Garam secukupnya


Cara membuat:
  1. Didihkan air di dalam dandang. Sambil menunggu, cuci dan bersihkan beras ketan. Setelah mendidih, kukus beras ketan selama sekitar 20 menit. Lalu matikan api.
  2. Campur santan bawang putih halus dan garam. Kemudian tambahkan ke dalam ketan dan aduk sampai rata. Biarkan beberapa saat sampai santan terserap habis.
  3. Cetak rengginang, lalu jemur sampai kering.
  4. Setelah kering, rengginang siap digoreng. Tapi pastikan rengginang sudah dingin sebelum digoreng ya bun. Kalau digorengnya masih panas karena sinar matahari, hasil gorengannya kurang mekar.
  5. Goreng rengginan sampai mekar dan matang. Tiriskan dan simpan dalam toples atau wadah kedap udara.

Selesaiii..! Bahannya sederhana dan gampang banget kan bun? O iya, banyak juga yang suka menggunakan terasi untuk menambah citarasa. Bunda cukup menambahkan sedikit terasi bakar ke dalam adonan. Rasanya jadi lebih gurih seperti ada rasa udangnya. Enak deh pokoknya!

Selamat mencoba yaa..!