Berlangganan

Cara membuat Kelapa Muda KW. Gampang banget! Enak Banget!



Selama bulan ramadhan ini, banyak sekali yang sharing tentang cara membuat kelapa muda kw. Hehehe istilahnya lucu ya.. KW alias kelapa muda buatan, bukan asli. Tapi meskipun kw ternyata rasanya mirip banget dengan kelapa muda yang asli lho bun. Rata-rata orang yang mencicipi nggak bisa membedakan mana yang asli dan mana yang kw. Hebat banget ya?!

Buat bunda yang pingin coba, caranya gampang banget bun. Hasilnya juga benar-benar memuaskan. apalagi kalau kita menggunakan air kelapa sebagai bahannya. jadi, kalau bunda pingin membuat es kelapa muda, es teler, atau minuman berbahan kelapa muda lainnya, bisa menggunakan resep ini. Karena biasanya kalau beli kelapa muda asli isinya cuma sedikit, hehe.

Meski cara buatnya gampang, ternyata masih ada beberapa bunda yang gagal, yaitu bagian atasnya putih, namun bagian bawahnya bening. Hal ini karena pada saat merebus, larutan tidak diaduk-aduk. jadi pastikan bunda terus mengaduk larutan sampai mendidih yaa...

Bahan-bahan:
  • 1 sachet nutrijel plain atau leci (bisa diganti agar-agar swallow yang plain)
  • 1 sachet santan kara (65ml)
  • 1 sachet SKM putih (optional, nggak pake pun nggak masalah)
  • Gula pasir secukupnya
  • Air 500ml (lebih mantap lagi kalau menggunakan air kelapa)


Cara membuat:
  1. Siapkan panci. Masak santan, air dan bubuk nutrijel. Tambahkan juga gula sesuai dengan selera. Nggak perlu terlalu banyak karena nanti dapet rasa manis juga dari syrup pas dibuat minuman.
  2. Selama merebus, aduk terus larutan supaya santang nggak pecah. Jadi warna putih santannya nggak terpisah dan menyatu sempurna.
  3. Setelah mendidih, biarkan sebentar untuk mengurangi uap airnya. Kemudian tuang ke dalam wadah / cetakan. Biarkan sampai beku.
  4. Kerokk kelapa muda kw seperti halnya mengerok kelapa muda biasanya. bisa menggunakan bekas tutup botol minuman soda atau alat khusus.

Selesai..!
Selanjutnya bunda bisa menggunakannya untuk berbagai minuman favorit. Untuk membuat syrup kelapa muda, teman-teman merekomendasikan syrup marjan yang rasa fruit punch. Ini benar-benar recommend bun, enak banget! Cukup masukan syrup, selasih, potongan nutrijel,es batu,dan tambahkan air..

Selamat mencoba yaa...!
Jangan lupa share resep ini ke sodara dan teman lainnya. Semoga bermanfaat!

Foto: Bunda Bherta Suranto