Berlangganan

Cara Membuat Cendol Tanpa Menggunakan Cetakan



Minuman cendol bisa dijadikan minuman yang mantap untuk buka puasa nanti. Teksturnya yang kenyal semakin mantap kalau dibuat dengan menggunakan gula aren. Segerrrr! Beli yang sudah jadi memang praktis, tapi kadang rasanya kurang mantap dan kadang malah ada yang menggunakan pewarna tekstil. Serem ih! Mending bikin sendiri yuk!

Nah, kalau bunda pingin membuat cendol sendiri, tapi nggak punya cetakan khususnya, jangan khawatir! Pakai piping bag pun jadi. Piping bag yang biasanya digunakan untuk membuat / mengias kue ini bisa digunakan sebagai alat cetak cendol, cukup dengan sedikit melubangi bagian ujungnya. Bahkan jika nggak ada piping bag, bunda bisa menggunakan plastik bening beasa yang agak tebal. Pokoknya kudu kreatif bun! hehe..

Cara membuat cendol dari bunda Isma Fauziah sangat praktis, dan menurut bunda ini semua yang mencoba cendol buatannya puas dengan rasanya. Bahkan teknik ini di share lebih dari 6 ribu orang di media sosial. Penasaran kan? Yuk langsung mulai aja.

Bahan Cendol:
800 ml air
150 g tepung beras
75 g tepung maizena
15 lembar daun pandan ( di blender lalu saring, ambil air nya)

Cara Membuat Cendol:
  1. Siapkan panci dan masukan semua bahan cendol ke dalamnya. Masak menggunakan api kecil sambil diaduk-aduk sampai bergerindil dan mengkilap.
  2. Matikan api dan biarkan adonan sampai agak hangat.
  3. Masukkan ke dalam piping bag, lalu potong bagian ujungnya.
  4. Pencet ujung piping bag supaya adonan keluar memanjang. Tampung di dalam wadah yang berisi air supaya condol tidak saling lengket. Lakukan sampai adonan habis


Bahan Kuah Santan:
300 ml air
1 santan kotak (200 ml)
1 sdt garam

Cara Membuat Kuah Santan:
  1. Masukkan semua bahan ke dalam panci dan masak sambil-diaduk-aduk supaya santan nggak pecah. Matikan api setelah kuah mendidih, lalu biarkan sampai dingin.

Bahan Kuah Gula:
300 ml air
3 sdm penuh gula putih
1 1/2 butir gula merah
1 lembar daun pandan.. Simpulkan

Cara Membuat Kuah Gula:
  1. Masak semua bahan di dalam panci sampai gula larut dan mengental. Matikan api dan dinginkan.

Penyajian:
  1. Siapkan gelas atau mangkuk. Masukan 2 bagian cendol, 1 bagian santan, dan 1/2 bagian kuah gula. Tambahkan es batu di atasnya.
  2. Jika ada bisa ditambahkan potongan buah nangka, durian, mangga atau kacang merah rebus sesuai dengan selera.

Nggak terlalu susah kan bun? Cendol yang enak ini jelas lebih sehat karena kita tau persis bahan-bahan yang digunakan. Selamat mencoba ya...!