Berlangganan

Resep Singkong Goreng keju yang Renyah, Empuk dan Gurih



Imej singkong sebagai makanan orang susah, semakin hari semakin tidak relevan. orang-orang kini mulai sadar bahwa justru singkong adalah bahan makanan yang sangat baik dan menyehatkan. Singkong dipercaya sebagai menu diet yang lebih baik dibanding nasi. Bahkan banyak penjelasan yang menyebutkan singkong sebagai makanan anti kanker berkat kandungan vitamin B17 didalamnya.

kalau saya pribadi sih nggak terlalu mikirin kalo singkong itu makanan kelas atas atau bawah, yang jelas kalo dibuat camilan enaaaaak banget! hehe dasar tukang makan, wkwk..

Selain dibikin singkong thailand, favorit saya lainnya adalah singkong goreng keju. Camilan ini sebenarnya banyak dijual dipingir-pinggir jalan dan di depan minimarket. Tapi karena mungkin memperhitungkan faktor harga dan biaya produksi, rasanya menurut saya masih kurang mantep. Tetep aja kalo mau puas kudu turun tangan sendiri nih bun.

Ada beberapa syarat yang kudu dipenuhi dalam membuat singkong keju yang renyah, empuk dan gurih. Yang pertama adalah jenis singkong. Biasanya yang enak menggunakan singkong berwarna kekuningan (singkong mentega). Kedua, singkong sebaiknya masih fresh alias belum lama dipanen, sehingga teksturnya masih segar, berair dan empuk ketika digoreng. Ketiga? Oke untuk selanjutnya simak resep dan cara membuatnya berikut ini aja ya:

Bahan-bahan:
  • 1kg singkong, bersihkan dan potong-potong sesuai selera
  • 6 siung bawang putih, haluskan
  • 2 sdm garam atau secukupnya
  • 1 sdt ketumbar bubuk (opsional bila suka)
  • Air es secukupnya (supaya singkong lebih renyah)
  • Keju parut secukupnya

Cara Membuat:
  1. Rebus 1 liter air menggunakan api sedang.
  2. Masukkan bumbu (bawang putih, garam dan ketumbar) yang sudah dihaluskan.
  3. Rebus terus singkong sampai merekah dan empuk, tapi jangan sampai hancur ya bun.
  4. Angkat dan tiriskan singkong rebus tadi lalu guyur dengan air es.
  5. Setelah diguyur, masukkan kedalam kantong plastik bening atau wadah tupperware, kemudian masukkan ke dalam freezer sampai agak membeku.
  6. Selanjutnya goreng singkong yang sudah setengah membeku tadi sampai berwarna kuning keemasan.
  7. Angkat dan tiriskan, kemudian letakkan di atas piring atau wadah lainnya dan taburi parutan keju di atasnya. Bila suka, bisa juga ditambahkan susu kental manis.

Singkong goreng keju sudah jadi dan siap disantap bersama keluarga tercinta. Nggak susah kan bun cara membuatnya. Yuk segera share ke teman yang lain dan langsung dipraktekkan :)