Berlangganan

Resep Pizza Roll Super Empuk by Tintin Rayner



Pizza, makanan asal Italia yang menjadi favorit semua orang di seluruh dunia. Kalo ngomongin resep pizza, tentunya ada banyak sekali resep dan variasi cara membuat pizza. Ada yang bikin pizza dengan adonan roti yang tipis dan renyah, ada pula yang suka menggunakan roti yang lebih tebal dan empuk.

Namun resep pizza roll dari bunda Tintin Rayner ini mungkin sedikit lain daripada biasanya, karena menggunakan bahan roti sobek atau Soft killer bread sebagai dasarnya. Hasilnya tentu saja pizza yang tebal, empuk dan lembut. Cara makannya juga jadi lebih gampang karena pizza digulung menjadi seperti bola. Anak-anak jangan ditanya lagi, pastiii suka, hehehe. Yuk langsung kita simak saja resepnya.

Bahan-bahan:
  • 245 gr Tepung Cakra (aku pake cakra 200 + segitiga 45)
  • 180 ml(1 telur utuh+20 gr whip cream bubuk+susu cair)
  • 36 gram Gula Pasir
  • 30 gram Butter (aku pake Anchor)
  • 15 gram Susu Bubuk
  • 6 gram Ragi Instant (fermipan)
  • 2 gr Garam
  • 1/2 sdt pasta Susu (optional. Tidak pake pun nggak masalah) 


Cara membuat:
  1. Mixer dan uleni semua bahan kecuali butter+garam sampai mulai kalis. kemudian masukkan butter+garam dan uleni lagi sampai benar-benar kalis elastis dan terasa lembut.
  2. Note: Tuang cairan susu sedikit demi sedikit saja. Kalo dirasa sudah cukup, bisa distop.
  3. Gilas adonan dan bentuk menjadi empat persegi panajang. Olesi bagian atasnya dengan saus favorit. Di resep ini kita menggunakan 60 gram saus tomat ditambah 30 gram pasta tomat (beli di mall biasanya dalam kotak UHT).
  4. Taburi adonan pizza dengan topping sesuai dengan selera. Bisa menggunakan sosis, keju, daging cincang, jamur, jagung, paprika, kentang, mozarella, atau gabungan dari beberapa bahan tersebut.
  5. Gulung adonan dengan hati-hati. Pastikan topping tidak terlalu tebal, karena akan menyulitkan proses menggulung ini.
  6. Setelah menjadi gulungan, potong dengan jarak 3 cm, kemudian susun di dalam loyang, cup aluminium atau wadah pyrex.
  7. Diamkan adonan selama 1 jam atau lebih, sampai mengembang 2x lipatnya.
  8. Olesi bagian atasnya dengan kuning telur dan semprot dengan mayonaise plus saus. Terakhir, taburi oregano secukupnya.
  9. Panggang selama sekitar 25 menit dengnan suhu oven sekitar 190 derajat celcius.
  10. Setelah matang, angkat dan siap disajikan.

Harum bangettt! aroma butter+keju+sosisnya bener-bener bikin cacing pada demo... #lap iler
Teksturnya juga lembut, lembab dan empuk banget. Nggak kalah sama roti bakery toku kue terkenal. Anak-anak pasti rebutan nih :p

Selamat mencoba di rumah ya bun. Semoga berhasil. Silahkan share resep ini ke teman-teman bunda yang lain. Semoga bermanfaat.