Berlangganan

Resep Nugget Makaroni by Lies Surya



Kreativitas bisa membuat sesuatu yang tampak biasa saja menjadi menjadi jauh lebih menarik. Misalnya kejadian yang dialami bunda Lies Surya ini. Berawal daru bunda Lies yang membeli daging sapi kemasan siap pakai untuk dibuat burger. Ternyata di rumahnya hanya dia yang doyan burger. Alhasil daging burgernya pun cuma menuh-menuhin freezer yang sempit.

Nah, daripada rusak dan nggak terpakai, akhirnya dibikin untuk cemilan anak, nugget makaroni. Resep nugget makaroni ini aslinya menggunakan dagin giling, tapi dengan daging burger pun tetap anak. Toh daripada kebuang sia-sia. Untuk makaroni, jika terpaksanya tidak ada, bisa diganti dengan mie telor atau mie instant lainnya.

Bahan-bahan:
  • 100 gram makaroni
  • 100 gram daging sapi burger
  • 100 ml susu cair 
  • 50 gram tepung terigu protein sedang 
  • 3 butir telur
  • 1/2 sdt gula pasir 
  • 1/2 sdm garam 
  • 1/4 buah bawang bombay, dicincang halus 
  • 1/4 sdt merica bubuk 

Cara Membuat:
  1. Rebus makaroni sampai matang. Kemudian Campur dengan semua bahan lainnya dan giling menggunakan food processor / chopper. Jika tidak punya bisa manual diremas-remas kasar. Tuang ke loyang 22x22x4 yang sudah dialasi plastik. (saya pakai loyang bulat)
  2. Kukus adonan selama 30 menit diatas api sedang sampai matang. Angkat. Dan biarkan dingin.
  3. Setelah dingin, keluarkan dan potong-potong dengan ukuran sesuai selera. Jika lebih senang yang garing, potong seukuran jari. Yang saya buat untuk cemilan batita 18 bulan.
  4. Siapkan bahan pencelup (100 gram putih telor yang dikocok lepas) dan bahan pelapis (80 gram tepung panir kasar)
  5. Celupkan nugget ke bahan pencelup. Gulingkan di tepung panir kasar. Susun di wadah tertutup dan simpan di freezer jika belum mau digoreng.
  6. untuk penyajian, goreng nugget dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang.

Selesaaii! Cukup mudah dan praktis. Apalagi buat bunda yang sibuk, bisa melakukan stok nugget yang banyak di freezer. kapanpun dibutuhkan tinggal langsung digoreng. Enak dan sehat tanpa bahan pengawet.

Selamat mencoba yaaa..! Semoga berhasil.

Silahkan bagikan resep yang bermanfaat ini ke teman bunda yang lain, semoga barokah :)

Resep dan foto: Lies Surya