Berlangganan

Resep Kentang Goreng Ala Resto. Enaknya Luar Dalam!



Ada banyak sekali resep kentang goreng yang beredar di dunia maya. Setiap resep tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi harus diakui, kentang goreng dari resto terkenal seperti KFC dan McDonalds emang enak dan bikin nagih.

Nah, dari sekian banyak resep uang ada ini, akhirnya ada satu resep yang cocok banget dari bunda Hail. Resep kentang goreng ini nggak cuma renyah, tapi juga enak luar dalam. Resep ini tentunya nggak sama persis dengan resep resto-resto di atas, tapi tetap sangat layak untuk dicoba karena selain enak banget, bahan dan cara buatnya juga cukup simpel. Penasaran? Yuk langsung kita coba aja.


Bahan-bahan:
  • Kentang
  • Garam
  • 2-3siung bawang putih, digeprek 
  • Air untuk rebusan
  • Air es dan es batu
  • Tepung maizena
  • Kaldu bubuk


Cara Membuat:
  1. Kupas dan potong-potong kentang secara memanjang. Kemudian cuci sampai bersih. Lakukan proses pencucian secara berulang-ulang sampai air cucian kentang menjadi bening. Proses ini penting untuk membuat kentang tetap renyah dan tidak lembek nantinya.
  2. Rebus air, lalu masukkan garam dan bawang putih secukupnya.
  3. Setelah air mendidih, masukkan kentang dan rebus selama 5 menit dihitung dari sejak air rebusan mendidih lagi. Angkat kentang, tiriskan dan biarkan sampai agak dingin. Tujuan proses ini adalah supaya rasanya meresap kedalam.
  4. Siapkan es dan air es dalam wadah, lalu masukkan kentang sampai terendam semua di dalam air es. Biarkan selama 5 menit, lalu tiriskan.
  5. Taburi kentang dengan kaldu bubuk, lalu aduk-aduk dan sedikit diremas supaya bumbu menempel dan meresap.
  6. Taburi kentang dengan tepung maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Nggak perlu banyak banyak ya bun. cukup sampai kentang sedikit terselimuti tepung saja.
  7. Siapkan minyak goreng dalam jumlah banyak dan panaskan menggunakan api sedang. Goreng kentang sampai berwarna keemasan dan matang. jangan khawatir dengan tepung maizena yang menempel, tepung ini tidak akan mengotori minyak. Pada awal menggoreng, kentang mungkin agak lengket, tapi nanti akan terpisah setelah panas dan matang.

Selesai. Kentang goreng siap disajikan dan disantap bersama saus sambal favorit. Jangan kecewa kalo dalam sesaat kentang goreng langsung habis. Itu tandanya memang kentang gorengnya enak bun, hehehe...

Resep dan foto: Lies Surya