Berlangganan

Resep Black Nastar ala Pak Sahak. Bikin Penasaran!



Kita semua tau bahwa kue nastar merupakan salah satu kue "wajib" untuk Hari Raya Idul Fitri (dan juga hari Natal). Hampir tiap rumah akan menyediakan kue-kue ini. Nastar emang enak, tapi ketika tamu berkunjung dari satu-rumah ke rumah lain dan melihat nastar-nastar yang hampir sama, mereka pun akan mulai bosan dan tidak menyentuhnya sama sekali. Bisa jadi, si tamu ini malah sudah bosan dengan nastar yang ada di rumah mereka masing-masing.

Namun hal ini bisa disiasati dengan memberi tampilan dan rasa yang lebih menarik seperti kue Black Nastar yang akan kita bahas kali ini. Kue black nastar belakangan ini memang sedang populer di grup-grup dan forum masakan di Indonesia. Tampilannya yang unik dan cantik membuat banyak bunda-bunda yang penasaran untuk mencoba membuatnya.

Pada dasarnya, black nastar adalah nastar yang diberi tambahan coklat bubuk. Tapi supaya warnanya bisa hitam pekat, maka coklat yang digunakan adalah coklat untuk black forest yang bisa dibeli di toko kue. Bunda nggak perlu khawatir dengan rasanya, nggak bakalan pahit kok. Malah enak karena ada rasa-rasa black forestnya gitu, hehe... Yuk kita cobain!

Bahan - Bahan A:
  • 250 gram gula merah (bisa diganti gula pasir)
  • 200 gram margarin
  • 200 gram butter
  • 3 butir kuning telur
  • 1 butir putih telur
  • 1/4 sendok teh gram


Bahan - Bahan B:
  • 423 gram tepung terigu
  • 50 gram coklat bubuk yang hitam pekat (biasanya untuk black forest)
  • 25 gram susu bubuk cokelat atau pakai 1 sachetan yang  27 gram juga bisa
  • 30 gram tepung maizena

Bahan - bahan Selai Nanas:
  • 200 gram gula pasir
  • 4 buah nanas, kupas dan cuci lalu parut
  • 3 butir cengkih
  • 1 potong  kayu manis
  • 1/2  sendok teh garam

Cara membuat Selai:
  1. Masak 4 buah nanas yang telah diparut dengan 200 gram gula pasir, 1 potong kayu manis, 3 butir cengkeh dan 1/2 sendok teh garam, masak terus sambil di aduk-aduk sesekali sampai air nanas hilang.
  2. Untuk hasil akhirnya nanti selai akan kering dan teksturnya liat, dinginkan lalu masukkan ke dalam lemari es dan bentuk bulat-bulat kecil semuanya, selai kini siap bunda pakai untuk black nastarnya. 

Cara Membuat Black Nastar:
  1. Campur semua bahan A dan mixer dengan kecepatan rendah sampai gula larut dan adonan mengembang.
  2. Ayak dan campur semua bahan B, lalu tuang ke adonan A sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai rata.
  3. Ambil sejumput adonan dan pipihkan. Beri selai nanas di tangahnya, kemuadian bentuk bulat-bulat atau bentuk lain sesuai selera.
  4. Panaskan oven dengan suhu 150 Celcius dan panggang nastar selama 20-30 menit atau sampai matang.
  5. Angkat dan dinginkan. Setelah dingin langsung masukkan ke dalam toples kedap udara.

Black nastar sudah jadi dan siap dihidangkan. Dijamin bikin banyak orang penasaran. Bunda siap-siap aja ditanyain macem-macem ya hehehe. Yang jelas black nastar sudah jadi dagangan paling laris bagi Bunda Nina yang sudah mencoba resep ini.

Selamat mencoba yaa!

Catatan: Untuk hiasan bunga dibuat dari bahan nastar yang sama, tapi nggak pake tambahan coklat bubuk. Untuk mempermudah pembuatannya bisa menggunakan cetakan bunga seperti pada gambar.

Via:catatan-nina.blogspot.co.id