Berlangganan

Resep Ampyang Kacang. Hangat Disaat Dingin



Kaliurang... Tempat wisata di Jogja ini menyimpan banyak kenangan bagi para pengunjungnya. Hawa yang sejuk dan pemandangan yang indah membuat banyak orang dari berbagai tempat ingin melewatkan momen indahnya di sini.

Selain terkenal karena keindahannya, kaliurang juga memiliki ciri khas lain dari sisi kulinernya, yaitu jadah tempe dan ampyang kacang. Dua jajanan ini mendominaasi hampir di setiap warung yang menyediakan oleh-oleh di sana.

Ampyang merupakan kue kering yang terbuat dari gula merah dan kacang. Kandungan gula merah dan jahe pada ampyang kacang membuat camilan ini cocok dinikmati saat udara dingin seperti di Kaliurang. Pas banget buat teman minum teh.

Untuk menikmati Ampyang yang enak ini, bunda nggak harus pergi ke Kaliurang, karena camilan ini bisa dibuat dengan cara yang sangat mudah. Bahannya cuma kacang tanah, gula merah dan jahe. Berikut adalah resep dan cara membuat ampyang kacang dari Tulkie Fruittella:

Bahan-bahan :
  • 300 gr kacang tanah
  • 150 gr gula jawa (sisir)
  • Jahe (sesuai selera)
  • 1/2 gelas air

Cara membuat :
  1. Cuci kacang tanah sampai bersih, tiriskan lalu goreng sampai renyah. Tiriskan.
  2. Parut jahe dan peras ambil airnya.
  3. Panaskan wajan, lalu masukkan gula merah serut, air, dan sari jahe. Masak dengan api kecil sambil diaduk sampai kental dan mendidih.
  4. masukkan kacang sangrai dan aduk-aduk lagi sampai rata dan semakin kental.
  5. Siapkan nampan, laipisi dengan kertas roti. Ambil sesendok adonan kacang lalu letakkan dan cetak di atas kertas roti. Lakukan sampai adonan habis.
  6. Dinginkan ampyang sampai mengeras.

Selesai! Ampyang yang renyah, manis dan sedikit pedas ini sudah jadi dan siap dinikmati.
Gampang kan bun? Selamat mencoba yaa :)

Jangan lupa like dan share resep dari Tulkie Fruittella ini.