Berlangganan

Resep Lekker Holland 4 Bahan. Super Rich & Yummy!



Sudah pernah bikin Lekker Holland alias Boterkoek? Kue ini sempet heboh dan happening banget beberapa waktu yang lalu. Banyak sekali para pecinta baking yang mencoba membuat Lekker Holland ini.

Lekker Holland asilnya bernama Boterkoek dan memang berasal dari Belanda. Kue ini berasal dari kata Boter (mentega) dan koek (cake). Dalam bahasa inggrinya kurang lebih Butter Cake gitu deh. Kue tradisional belanda ini lebih padet dari cake, tapi tidak sampai sekeras cookie. Jadi mirip kue bantat tapi ada kres-kres renyah gitu. Kurang lebih seperti chewy bar tapi rich dan buttery. Bikin ketagihan dah pokoknya. Enak dan cocok banget buat temen minum teh atau kopi.

Ada yang bikin Lekker Holland yang agak tebal, ada juga yang lebih tipis, tergantung selera. Nah, resep dari bunda Tintin Rayner ini dibuat tipis supaya lebih chewy, garing kres-kres. Yukkk ahhh Cusss resepnyaaa.

Bahan-bahan:
  • 250 gr tepung terigu (merk Kunci)
  • 140 gr gula pasir halus
  • 100 gr margarin
  • 100 gram butter (mentega)
  • 1 sdt pasta pandan atau sesuai selera
  • 1 btr telur ayam
  • Taburan: almond, chocochips, kismis dll.

Cara membuat: 
  1. Masukkan semua bahan kecuali tepung dan essens ke dalam wadah, lalu mixer dengan kecepatan tinggi sampai mengembang dan kaku. Setelah mengembang, masukkan pasta pandan dan kocok asal rata.
  2. Tambahkan tepung terigu ke dalam adonan dan aduk sampai rata.
  3. Siapkan loyang ukuran 20-22 cm, beri alas kertas roti seta olesi bagian pinggir dengan margarin. Kemudian masukkan adonan dan buat garis-garis / tekstur menggunakan garpu.
  4. Olesi bagian atas adonan dengan telur, kemudian beri taburan almond, chocochip atau yang lain sesuai selera.
  5. Panggang dengan suhu 180 derajat selama sekitar 30 menit atau sampai matang. Ketika matang nanti akan keluar aroma yang enak banget bun :D
  6. Keluarkan loyang dan biarkan sampai kue dingin. Setelah dingin baru dipotong-potong sesuai selera.

Selesai! nggak susah kan? Rasanya enak dan unik! kres-kres di luar dan kenyal di bagian dalamnya. Pokoknya kalo cuma satu potong nggak bakalan cukup deh, hehe.

Selamat mencoba yaa..!
Jangan lupa share juga resep ini pada teman yang lain. Semoga bermanfaat!

Resep & foto by: Tintin Rayner