Berlangganan

Resep Killer Soft Bread Alias Roti Sobek Super Lembut



Killer soft bread atau kue sobek yang super lembut ini sedang nge-trend banget di Asia, terutama di China. Banyak sekali ibu-ibu yang berlomba membuat roti lembut ini sesuai dengan kreasi mereka masing-masing. Roti ini pun makin terkenal aja setelah diulas oleh Victoria Bakes, blogger terkenal dari China.



Trend ini sekarang juga sudah merambah Indonesia. Banyak bunda yang mulai share roti sobek buatannya di group-group masak. Salah satu faktor yang membuat resep ini ngetop adalah cara buatnya yang cukup mudah, tapi hasilnya sungguh memuaskan. Bahan-bahan roti ini cukup sederhana dan mudah didapatkan. Asyiknya lagi, roti ini cuma butuh satu kalo proofing saja, nggak seperti roti-roti lain yang membutuhkan proofing sampai dua kali. itu seperti dijelaskan oleh bunda Tintin Rayner yang punya resep Killer Soft Bread kali ini.

Bahan-bahan:
  • 260 gram tepung Cakra
  • 1 butir telur + Susu cair total 180cc
  • 30 gram Butter (Anchor atau merk lain)
  • 30 gram Gula Pasir halus
  • 3 gram ragi (aku pake Fermippan)
  • 2 gram Garam halus

Cara membuat:
  1. Siapkan wadah. masukkan semua bahan kecual butter. Mixer sampai setengah kalis. Masukkan butter dan mixer sekali lagi sampai benar-benar kalis elastiss.
  2. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Gilas adonan lalu lipat menjadi gulungan seperti pada gambar.
  3. Susun adonan di loyang yang sudah diolesi margarine sebelumnya. Diamkan / proofing sampai ukurannya mengembang 2 kali lipat. Waktunya kurang lebih 1 jam.
  4. Setelah mengembang, olesi permukaan adonan dengan kuning telur. 
  5. Panggang menggunakan oven bersuhu 170 derajat celcius selama 40 menit atau sampai matang. lama pemangganan bervariasi tergantung oven yang digunakan.
  6. Setelah matang, angkat dan dinginkan.

Taraa! Roti Sobek alias Killer Soft Bread sudah jadi dan siap dinikmati. Gampang banget kan? Resep ini cocok sekali buat pemula yang pingin belajar membuat roti.

Selamat mencoba ya...! Semoga berhasil.
Jangan lupa share resep ini ke teman-teman bunda yang lain :)
Resep: Tintin Rayner