Berlangganan

Nikmati Legitnya Carang Gesing Khas Jawa Tengah



Buat bunda yang pernah menghabiskan masa kecilnya di Jawa tengah dan Yogyakarta, pasti kenal dengan camilan ini. Ya, carang gesing yang berbahan utama pisang ini memang makanan khas Jawa Tengah. Semua pasti tau kalo orang-orang di Jateng-DIY memang suka dengan makanan yang manis-manis.

Carang gesing ini juga sering dijadikan makanan pembuka di bulan puasa. Tentunya ada kenangan tersendiri buat bunda yang sering berbuka puasa dengan Carang Gesing. Di hari biasa, carang gesing juga bisa dijadikan pengganti sarapan lhoo. Bahan utama berupa pisang dan telur cocok untuk memenuhi kebutuhan gizi dan serat di pagi hari.

Cara buatnya cukup mudah, jika tidak mau repot membungkusnya dengan daun pisang, bunda juga bisa menggunakan wadah gelas (pyrex) atau aluminium foil. Resep yang akan kita coba kali ini merupakan resep simbah yang tidak menggnakan tepung terigu. Lebih enak dari yang dijual di pasar, yang pake tepung. Yuk langsung simak aja:

Bahan-bahan:
  • 1 sisir pisang kepok, kupas dan isris bulat-bulat.
  • 400 gram gula pasir (yg tdk suka manis bisa dikurangi)
  • 3 btr telur dikocok
  • 1,5 liter santan sedang
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 1 sdt garam
  • daun pisang untuk membungkus secukupnya
  • daun pandan secukupnya

Cara membuat:
  1. Masukkan dan campur semua bahan, kecuali daun pandan. Aduk semua bahan sampai rata.
  2. Siapkan daun pisan dan plastik benging yang tahan panas. Guna plastik bening adalah untuk mencegah air santan merembes keluar.
  3. Letakkan sepotong daun pandan lalu tuang adonan pisan di atasnya. Bungkus dan semat dengan lidi atau klip.
  4. Kukus selama sekitar 45 menit atau sampai matang.

Selesai! Carang gesing sudah jadi dan siap disantap. o iya, carang gesing ini tetap enak dinikmati dalam keadaan dingin maupun hangat. Jadi jangan khawatir kalau membuat camilan ini terlalu banyak. Simpan sisanya di dalam kulkas dan bisa untuk sarapan besok pagi.

Selamat mencoba yaa! Gampang kan?
Jangan lupa share artikel ini ke teman bunda lainnya :)