Berlangganan

Kremesan Super Renyah dan Bersarang Anti Gagal



Ada banyak sekali resep kremesan di internet. Tapi entah kenapa kebanyakan nggak cocok dan gagal. Tapi akhirnyaaaa! nemu juga yang cocok buatan bunda Tintin Rayner. Nggak hanya enak, tapi teksturnya juga bagus dan bersarang. Top dah pokoknya!

Ya, resep kremesan ini mampu menhasilkan kremesan yang bersarang, super renya dan kriuk. Tapi tetep lembut dan nggak keras pas dimakan. Meski kelihatannya sepele, tapi kremesan ini ternyata jadi semacam panambah nafsu makan di rumah. Anak-anak suka banget makan pake kremesan. Bisa buat teman ikan atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, dan berbagai jenis lauk lainnya.

Makanya stok kremesan memang idealnya ada di rumah. Resep yang ini disimpan di dalam tupperware tetap renyah meski sudah 1 minggu lho bun. Yuk kita cobain aja:

Bahan-bahan:
  • 125 gram Tepung Sagu
  • 200 ml Air + 100ml Santan instan kental (aku pake air sisa ungkepan ayam goreng)
  • 2 siung Bawang putih (haluskan)
  • 2 sdmTepung Beras
  • 1 btr Kuning Telur
  • 1/2 sdt Baking Powder Double Action (aku pake Hercules)
  • Kaldu ayam bubuk/garam sesuai selera
NOTE: Aduk semua bahan diatas jadi satu (kecuali baking powder)

Cara membuat:
  1. Siapkan wajan dan panaskan minyak di atas kompor. Sebaiknya pake minyak yang banyak ya bun.
  2. Sambil menunggu minyak panas, masukkan baking powder ke dalam adonan, kemudian aduk sampai rata.
  3. Sebelum menggoreng, pastikan minyak sudah benar-benar panas. Aduk adonan dan siramkan di atas minyak dengan gerakan memutar supaya merata.
  4. Adonan bakal menyebar. Setelah mulai menguning dan kokoh, lipat sisi-sisinya sehingga menjadi kotak. Goreng sampai kuning kecoklatan.
  5. Angkat dan tiriskan kremesan. Bisa dibantu menggunakan kertas roti untuk menyerap minyak yang berlebih. Masukkan wadah, dan tutup rapat. Kremesan siap dinikmati!

TIPS ANTI GAGAL Kremesan Kriuk:
  • Pastikan minyak dalam keadaan panass supaya bisa bersarang,setelah mulai bersarang,turunkan dikit suhunya supaya matang merata
  • Tunggu bener-bener hilang uap panas baru masuk toples,dijamin renyahh tahan lamaaa xixixixi
  • Kucurin dengan gerakan memutar,supaya kremesan menyebar nggak nempel.
  • Boleh pake air kaldu ayam asli/sisa rendaman ayam goreng
  • Pake Baking Powder Double Action misalnya HERCULES
  • Harus pake Tepung Sagu, jangan diganti Tapioka/Kanji
  • Boleh aja pake 1 telur utuh,hasilnya kremesan lebi kokoh (kembali ke selera)
  • Bole kasi dikit Kunyit parut kalo pengen lebi kuning+beraroma :)
Nggak susah kan bun? Yuk bikin stok kremesan sendiri di rumah. Ngak perlu beli lagiii!

Selamat mencoba yaaa! Jangan lupa di share resepnya :)

Resep: Tintin Rayner